Monday, 20 February 2017

Longsor Tutupi Jalan Nasional

Foto: Tri Radar Pat Petulai

PINANG RAYA RPP - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) Minggu dini (19/2) mengakibatkan ruas jalan lintas barat (Jalinbar) di wilayah Kecmatan Pinang Raya lumpuh. Pasalnya longsor yang terjadi di wilayah perkebunan PTPN 7 Desa Suka Manak, tersebut menutupi jalan nasional penghubung antara Kecamatan Batik Nau dan Ketahun.

Data terhimpun, longsor tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 02.00 WIB, dan menyebabkan timbunan tanah setinggi 4 meter menutupi seluruh badan jalan, sehingga tak dapat dilalui kendaraan. "Ini terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi. Sehingga tanah di sisi badan jalan turun menutupi jalan," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BU, Ir. Made Astawa, MM, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Ferdian.

Ia menambahkan, pihak BPBD BU masih terkendala alat berat untuk mengevakuasi. Pasalnya hingga pukul 15.00 WIB, belum ada alat berat yang didatangkan dari Provinsi Bengkulu. "Evakuasi tidak bisa dilakukan secara manual. Makanya kita butuh alat berat dari pihak PU provinsi. Sementara, kendaraan roda dua sudah bisa dilalui," tambahnya.

Meskipun jalan lintas Lais - Ketahun bisa ditempuh dari dua akses, lanjut Made, namun jalur Batik Nau - Ketahun tepatnya di lokasi longsor, lebih diminati pelintas. Pasalnya kondisi jalan cukup bagus dibandingkan jalur lain yang banyak ditemui jalan berlubang. Jadi warga yang melintas harus putar balik ke jalur lain.

Di sisi lain, akibat longsor, listrik dua Kecamatan di BU juga terancam terisolir. Pasalnya tiang listrik penghubung dua kecamatan yakni Sukamanak dan Ketahun, roboh. "Mudah-mudahan kejadian ini segera bisa diatasi. Sehingga tidak menjadi hambatan masyarakat," lanjut Pasi Intel Kodim 0423/ BU, Azwar. (paj)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Longsor Tutupi Jalan Nasional Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai