Friday, 10 February 2017

(LIPUTAN KHUSUS) ‘BEBEM’, Mabuk Murah ala Pelajar

Radar Pat Petulai, Jumat 10 Februari 2016
TREN mabuk Komix di kalangan pelajar sudah berlalu. Kini mereka tengah menggandrungi obat jenis baru untuk enjoy. Mereka menyebutnya ‘Bebem’.

Fenomena mabuk bebem sebenarnya sudah mulai berlangsung di kalangan pelajar sejak medio 2016 lalu. Namun mulai marak dan semakin digandrungi beberapa bulan terakhir. Hasil investigasi wartawan koran ini, bebem adalah sebutan lain dari Samcodin, sejenis pil untuk obat batuk.

Salah seorang pelajar di Kecamatan Curup Utara yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan istilah ini sengaja dibuat untuk mengelabui orang-orang terutama dari orangtua mereka. “Istilah ini cuma diketahui oleh kalangan pemakai saja kak. Jadi kalau disebut di tempat-tempat umum orang tidak akan curiga. Selain itu juga aman disembunyikan dari orangtua,” ungkapnya. 

Ia sendiri mulai memakai obat ini beberapa bulan lalu setelah diajak salah seorang teman sekolahnya. Awalnya ia mengaku sedikit takut, tetapi setelah mencobanya sekali, dia jadi ketagihan. Sehingga hampir setiap malam ia pasti memakainya. Tapi belakangan ini kebiasaan memakai bebem sudah ia kurangi sebab khawatir berdampak buruk bagi tubuh. “Enak aja kak, enjoy. Badan jadi ringan, pikiran tenang. Semua masalah terlupakan. Bahkan tidur bisa lebih nyenyak,” ujarnya mengungkapkan efek yang dirasakan setelah memakai bebem.

 “Istilah ini cuma diketahui oleh kalangan pemakai saja kak. Jadi kalau disebut di tempat-tempat umum orang tidak akan curiga. Selain itu juga aman disembunyikan dari orangtua,” ungkapnya.


Menurut dia, pemakai obat ini mulai dari anak SMP hingga SMA. Dan lebih mengejutkan lagi pemakainya bukan hanya pelajar pria tapi banyak juga pelajar perempuan. Banyaknya pelajar yang menggunakan obat ini selain harganya murah, efeknya juga lebih bikin enjoy dibandingkan komix atau aibon.

Satu keping pil Samcodin hanya dijual Rp 6 rupiah. Obat ini banyak dijual di apotek-apotek. Namun tidak seluruh apotek melayani pembelian obat ini, apalagi jika yang memesan masih usia sekolah. Karena pada umumnya petugas apotek sudah tahu obat ini sering disalahgunakan remaja untuk mabuk. “Kebanyakan apotek tidak mau memberi kak. Hanya apotek-apotek tertentu saja yang mau melayani kami,” terangnya. 

Dalam satu keping, terdapat 10 butir. Untuk mendapatkan efek yang lebih terasa, satu orang biasanya bisa menenggak 5 butir sekaligus. Jadi satu keping bisa untuk dua kali mabuk. “Harganya cukup terjangkau bagi pelajar, mereka biasanya menyisihkan dari uang saku untuk membeli bebem,” imbuhnya.

Biasanya mereka mengkonsumsi obat ini bersama-sama. Tempatnya lebih sering di rumah salah seorang dari mereka yang orang tuanya sedang pergi. Selain itu mereka juga menetapkan jadwal rutin yakni setiap malam Kamis dan malam Minggu yang tempatnya juga disesuaikan dengan keadaan rumah. Setiap berkumpul, dia dan teman-temannya sumbangan Rp 3 ribu per orang, satu keping obat dibagi dua. Bahkan ada juga salah seorang temannya yang meminum sekeping obat sekaligus biar cepan 'On'. (ymr)

Euforia dan Halusinasi


Mabuk bebem bagi sebagian pelajar mereka bukan hanya ketika mendapatkan masalah saja. Tetapi sudah seperti menjadi rutinitas untuk kesenangan sesaat. Sebab mabuk bebem juga asyik jika iringi dengan mendengarkan lagu-lagu dugem.

Dengan diiringi irama musik menghentak, obat akan lebih cepat bereaksi dan efeknya terasa lebih nikmat dan lama. Mereka bisa joget sama, tertawa riang, menikmati hidup dan melupakan sejenak semua masalah duniawi. “Kalau sudah berkumpul seperti itu, rasa malu sudah tak kami rasakan lagi. Pokoknya enjoy aja lah,” kata sumber ini sambil terkekeh.

Aktifitas ini bisa berlangsung hingga larut malam. Setelah kelelahan dan efek obat mulai berkurang, mereka biasanya memilih tidur. Ketika bangun keesokan harinya reaksi obat sudah tidak ada lagi dan mereka bisa kembali normal seperti biasanya. "Kalau orangtua kami pulang ya kami tidur, jadi keesokan harinya mereka sudah tidak curiga lagi dengan kami," tandasnya. (ymr) 

Penggunaan Berlebih Bisa Berujung Kematian


Bebem atau Samcodin mengandung Dextromethorphane. Kandungan inilah yang bisa memberi efek memabukkan bagi pemakainya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Secara rinci jika kadar konsumsi pil tersebut 100 sampai 200 mg, maka efek yang dirasakan adalah stimulasi ringan. Untuk konsumsi 200 sampai 400 mg, menyebabkan euforia dan halusinasi. Sementara konsumsi 300 sampai 600 mg, seseorang akan mengalami gangguan penglihatan dan hilangnya koodinasi gerak tubuh. Sedangkan konsumsi 500 sampai 1.500 mg, akan mengalami dissosiatif sedatif atau perasaan bahwa jiwa dan raga berpisah yang bisa berujung kematian.

Akibat dosis berlebih bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, jantung berdebar-debar, amnesia, tidak bisa mengenal kata-kata dan objek yang terlihat, paranoid dan merasakan seperti akan mati, serta koma bahkan kematian.


Oleh sebab itu, bagi pengguna obat ini tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Mengkonsumsi satu butir saja sudah membuat mengantuk berat, karena bagi penderita flu biasanya dianjurkan untuk istirahat agar mengurangi sakit yang diderita.

Obat ini juga memberi efek lain jika diminum secara berlebihan. Antara lain bisa membuat perasaan gembira, keluar banyak keringat, nafas menjadi pendek, berada dalam kondisi antara tidur dan sadar, mual dan muntah-muntah. Lalu tekanan darah menjadi tinggi, jantung berdebar-debar, amnesia, tidak bisa mengenal kata-kata dan objek yang terlihat, paranoid dan merasakan seperti akan mati, serta koma bahkan kematian.

Efek mengantuk yang cukup berat dari obat ini juga akan menimbulkan rasa malas bergerak dari pemakainya. "Kalau meminum obat yang mengandung Dextromethorphane dengan dosis besar sudah pasti terasa seperti melayang," ujar dokter RSUD Curup, dr Honey Rossa Nita ketika dibincangi RPP.

Menurut dokter Honey, menghadapi fenomena ini, dibutuhkan peran lebih dari orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya. Sebab obat ini bukanlah obat berbahaya yang dilarang melainkan obat biasa yang dijual bebas di tempat-tempat penjualan obat. Hanya penggunaannya saja yang disalahgunakan. “Jadi pengawasan orangtua sangat diperlukan, jangan sampai anak-anak kita terjerumus terlalu jauh," pesannya. (ymr)


Efek Kandungan Dextromethorphane

JUMLAH                EFEK

100 - 200 mg         Stimulasi ringan
200 - 400 mg         Euforia dan halusinasi
300 - 600 mg         Gangguan penglihatan dan hilangnya koodinasi gerak tubuh
500 - 1.500 mg      Dissosiatif sedatif atau perasaan jiwa dan raga berpisah yang bisa berujung kematian.
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: (LIPUTAN KHUSUS) ‘BEBEM’, Mabuk Murah ala Pelajar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai