Thursday, 16 February 2017

Libur Nasional, Listrik Ikutan "Libur" Menyala

Ilustrasi
CURUP RPP - Hari libur nasional yang ditetapkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo Rabu (15/2) banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Rejang Lebong (RL) beraktivitas di rumah. Namun, mereka kecewa sebab ternyata seharian kemarin PLN juga ikut “libur” menyalakan listrik.

Listrik sudah padam sejak pukul 09.00 WIB, menyala sebentar sekitar pukul 11.00 WIB, kemudian pada pukul 11.30 WIB padam lagi dan menyala pada pukul 12.30 WIB. Akan tetapi baru menyala sekitar 15 menit saja, listrik kembali padam dan hingga petang belum juga menyala.

Hal ini sontak membuat masyarakat kesal karena pemadaman ini menurut masyarakat tanpa ada pemberitahuan dari pihak PLN Rayon Curup. Mereka mengeluhkan kondisi listrik yang byar pet itu bisa menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dirumahnya serta merugikan usaha yang menggunakan listrik.
"Tidak ada pemberitahuan ke kita, tahu-tahu sejak pagi tadi sudah mati, mau nyuci tidak bisa. Baru ngidupkan mesin cuci sudah mati lagi, hidup sebentar mati lagi. Kalau begini bisa rusak elektronik kami," keluh Vita (26) warga Kelurahan Cawang Baru.

Informasi diterima wartawan, pemadaman listrik dilakukan di gardu induk Pekalongan dan Sukamerindu karena terjadi gangguan IBT 275 kV di gardu induk Lubuklinggau.

Sementara itu, melalui pesan WhatsApss pribadinya, Plh Manager PLN Rayon Curup Taupan mengatakan pemadaman ini bersifat mendadak akibat adanya kerusakan pada pembangkit listrik di PLTA Musi. "Mati total semuanya, karena pasokan dari PLTA Musi terganggu setelah ada kerusakan. Kami mohon maaf tidak ada pemberitahuan karena memang ini sifatnya kerusakan mendadak, mohon maaf atas ketidaknyamananya," singkat pengganti sementara A Rafico ini.

Hal senada disampaikan Supervisor Distribusi Listrik PLN Rayon Curup, Safrudin. Menurut dia, pemadaman ini bukan hanya terjadi di wilayah RL saja, namun juga terjadi di wilayah Kepahiang, Bengkulu dan wilayah Lubuklinggau dan Sumatera Selatan.
“Dari hasil koordinasi yang dilakukan pihaknya kepada PLTA Musi, sudah dilakukan percobaan penyambungan hingga tiga kali namun gagal. Masih terus dilakukan perbaikan dan akan diupayakan diselesaikan secepatnya," kata Safrudin. (yon/ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Libur Nasional, Listrik Ikutan "Libur" Menyala Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai