Monday, 20 February 2017

Lapor Pak Tim Saber! Ada Pungutan di Sekolah Ini

Ilustrasi/jawapos

CURUP RPP – Meskipun sudah ada larangan namun masih saja ada pungutan di sekolah. Kali ini terungkap di SMPN 2 Rejang Lebong (RL). Menurut salah satu walimurid, Darman, ada  oknum guru di sana yang memungut biaya renang kepada siswanya. Setiap siswa diwajibkan untuk membayar biaya renang sebesar Rp 15 ribu.
“Setiap siswa diwajibkan membayar uang tersebut untuk mengambil nilai renang. Bagi siswa yang tidak membayar uang renang maka tidak akan mendapatkan nilai. Sementara kami tidak tahu renang itu memang untuk mengambil nilai atau hanya kegiatan ektrakulikuler saja,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Darman meminta pemangku kebijakan bisa bertindak tegas. Karena pembayaran untuk renang ini cukup memberatkan walimurid jika dilakukan secara terus menerus. Selain itu jika memang setiap siswa diwajibkan membayar uang sebesar Rp 15 ribu, sudah pasti jumlah uang yang diminta dari sekian banyak jumlah siswa sangat besar nominalnya. "Kalau sepengetahuan saya, anak-anak yang mau renang tidak perlu mengumpulkan uang. Hanya membayar uang masuk dan ongkos sendiri-sendiri atau bisa juga biaya dari sekolah," tandasnya.

Dikonfirmasi, Kepala SMPN 2 RL, Yanuarsyah, S.Pd mengaku belum mengetahui perihal pungutan tersebut. Dia berjanji akan mempertanyakan masalah ini dengan guru yang bersangkutan. "Kalau saya tahu tidak mungkin saya perbolehkan," singkatnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten RL, H. Nahdiyatul Hukmi, M.Pd melalui Kabid Pembinaan SMP, Hanapi, S.Pd, MM menyesalkan jika benar ada pungutan ini. Sebab pihaknya sudah sering kali menyampaikan bahwa dalam bentuk apapun pihak sekolah diharamkan melakukan pungutan. Ia pun berjanji akan menindaklanjuti informasi ini. "Apapun bentuknya iuran atau pungutan untuk siswa tidak diperbolehkan," tegasnya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Lapor Pak Tim Saber! Ada Pungutan di Sekolah Ini Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai