Tuesday, 21 February 2017

Lanjutan Pembahasan Ganti Rugi Diundur


LEBONG RPP - Pembahasan lanjutan soal ganti rugi atau penentuan nilai kompensasi dari uji coba sumur cluster A periode Februari-April 2016, yang mengakibatkan rusaknya lahan perkebunan masyarakat terpaksa tertunda. Sebelumnya, pertemuan lanjutan yang difasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong itu dijadwalkan pada tanggal 20 Februari.

Kepala DLH Kabupaten Lebong Zamhari melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Tantawi menjelaskan, rencana pertemuan untuk pembahasan lanjutan nilai kompensasi dari uji coba sumur cluster A terpaksa diundur, lantaran pihak Direksi PT PGE Hulu Lais selaku pengambil kebijakan, tidak bisa menghadiri pertemuan. “Kita telah mendapat surat resmi dari pihak PT PGE Hulu Lais, bahwasanya direksi mereka baru bisa hadir pada tanggal 28 Februari mendatang,” jelas Tantawi.

Terpisah, perwakilan masyarakat Fahrul Huzami mengatakan, pertemuan pembahasan proses penentuan nilai kompensasi dari uji coba sumur cluster A periode Februari-April 2016 sudah beberapa kali. Mulai dari yang pertama sekali di Kantor Camat Lebong Selatan, masyarakat menawarkan ganti rugi senilai Rp 30 juta/hektar. Kemudian, pertemuan kedua bertempatan di Hotel Pangeran Kecamatan Amen, tawaran tersebut turun menjadi Rp 20 juta/hektar. Namun pertemuan tersebut kembali nihil atau tidak membuahkan hasil. “Iya kita sudah mendapat kabar kalau hari ini pertemuannya diundur, karena dari PT PGE Hulu Lais belum siap. Makanya kita harapkan, pada pertemuan mendatang tawaran masyarakat ini dapat diterima oleh direksi. Kita tidak bisa berlarut-larut seperti ini," tegas Fahrul. (kif)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Lanjutan Pembahasan Ganti Rugi Diundur Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai