Monday, 13 February 2017

Kreatif, Murid SD Sulap Barbek jadi Alat Musik Perkusi

Berharap Bisa Tampil Hingga Tingkat Nasional

 
PERTUNJUKAN perkusi dari bekas kaleng cat yang dilakukan oleh santri SD IT RR
BARANG Bekas (barbek) bagi kebanyakan orang tidak bermanfaat. Namun di tangan murid SD IT Rabbi Radhiyya (RR), barbek bisa disulap menjadi sesuatu yang berarti dan memiliki nilai seni.

YUNITA MEKAR RIZKI, Curup Tengah

Dalam kamus bahasa Indonesia, Perkusi adalah sebuah instrumen dari getaran suara dan nada yang berasal dari suatu alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul. Pada dasarnya semua benda bisa dijadikan perkusi. Dari peralatan rumah tangga seperti panci, wajan, gelas, galon air minum, maupun ember plastik.

Begitu juga wadah bekas bahan bangunan seperti kaleng bekas cat, paralon atau drum bekas aspal. Tapi untuk menghasilkan nada, barang bekas tersebut tidak bisa asal dipukul. Harus ada sentuhan-sentuhan dan keahlian khusus agar barang-barang yang semula tidak bermanfaat itu mampu menghasilkan harmoni yang indah.

Seperti dilakukan murid atau santri SD IT Rabbi Radhiyya (RR). Dalam membuat alat musik perkusi, mereka memberi tempelan lakban di sekeliling peralatan untuk bisa mendapatkan nada yang dibutuhkan. Selain itu mereka juga memanfaatkan alat seperti stik atau tongkat untuk memukul peralatan perkusi.
Berkat ketekunan dan kerja keras, karya mereka mampu memukau orang yang mendengarnya. Ini terlihat saat saat para santri SD IT RR melakukan pertunjukan perkusi pada miladiyah ke-14 beberapa hari lalu.

Kepala SD IT RR, Eko Cahyaningsih melalui Waka Kesiswaan, Rajab Efendi menuturkan untuk mengasah kemampuan murid dalam membuat alat musik perkusi, sekolah sengaja membuka ekstrakurikuler khusus mengubah barang bekas menjadi instrumen musik yang istimewa. "Impian kita ini nanti akan kita lombakan dalam festival seni dan juga menunjukkan kreatifitas para murid di Rejang Lebong," ujar Rajab.

Selain bernilai seni, upaya ini juga dilakukan untuk mengajarkan agar anak-anak agar turut menjaga lingkungan dari limbah plastik. Sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat luas bahwa barang bekas tak selamanya sampah yang dibuang dan ditumpukkan saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. (**)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kreatif, Murid SD Sulap Barbek jadi Alat Musik Perkusi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai