Monday, 27 February 2017

Jalan Rusak Parah, Truk Kerap Terguling

Beginilah kondisi Jalan Lintas Lubuklinggau - Tugu Mulyo di Kelurahan Simpang Periuk.
LUBUKLINGGAU RPP - Jalan Lintas Lubuklinggau - Tugumulyo, tepatnya di Kelurahan Simpang Priuk, Kecamatan Linggau Selatan II, kondisinya semakin parah. Akibat kerusakan jalan provinsi ini, banyak kendaraan yang terguling.

Dalam beberapa minggu terakhir saja, hampir 4-5 kendaraan bermuatan besar yang terguling dan mengakibatkan kemacetan jalan. Sebab, proses evakuasi ban truk yang masuk ke dalam lubang jalan, memakan waktu cukup lama.
"Kadang di malam hari, sering juga kendaraan terguling di lokasi yang sama. Kita mengeluarkan truk fuso yang terperosok seperti ini, butuh waktu lebih kurang dua jam. Itu saja jika dibantu polisi dan warga setempat untuk mengevakuasinya," jelas Chaidir, warga setempat.

Menurut lurah setempat, Juarsyah, jalan itu memang sering menjadi penyebab kendaraan terguling. Hal itu karena kondisi kerusakan jalan yang semakin parah.
"Minggu lalu saja, ada satu truk terguling. Lalu Senin malamnya juga ada lagi truk yang terguling. Bahkan, paginya juga ada truk yang baru terperosok miring, beruntung belum sempat terguling, karena cepat diantisipasi," ungkap Juarsyah.

Ia menyampaikan, truk fuso tersebut bermuatan kelapa sawit yang berangkat dari daerah Kikim, Kabupaten Lahat menuju Kabupaten Musirawas, tepatnya ke Kecamatan Terawas. Namun, saat di TKP karena jalan rusak parah dan muatan sangat berat, sehingga roda mobil terperosok.
"Baru miring saja mobilnya, seandainya tidak cepat tangap, bisa-bisa ikut terguling juga," jelasnya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi bertambahnya korban kecelakaan, pihaknya bersama masyarakat akan bergotong royong menimbun jalan tersebut dengan batu.
"Kita sangat berharap, agar Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dapat memperbaiki jalan rusak tersebut, karena sudah sering kecelakaan terjadi di titik jalan tersebut," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Ibrahim Atenen menjelaskan, pihaknya sudah sering menerima laporan masyarakat, namun belum bisa melakukan penimbunan karena faktor cuaca.
"Cuaca hujan terus, jadi mau mengambil batu koral susah, tapi secepatnya kita timbun pakai koral. Rencananya, tahun ini Pemprov akan melakukan pemeliharaan di sepanjang jalan provinsi yang mengalami kerusakan, tepatnya sepanjang 2 KM," ungkapnya. (nrf)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Jalan Rusak Parah, Truk Kerap Terguling Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai