Friday, 17 February 2017

Harga Komoditi Naik, Konsumen Cari Mobil DP Tinggi


BENGKULU RPP - Di awal tahun 2017 ini, harga komoditi seperti karet sudah berada di posisi Rp 12.000/Kg di tingkat petani, sedangkan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit berada di posisi Rp 1600 - Rp 1800/Kg. Sementara harga kopi masih bertengger di Rp 18.000/Kg.

Naiknya sejumlah komoditi hasil bumi ini, berdampak bagi penjualan mobil. Dimana mayoritas konsumen membeli mobil dengan DP atau uang muka yang tinggi, yakni kisaran Rp 50 juta ke atas. Ini tentu menguntungkan bagi industri otomotif.

Menurut Supervisor Sales PT Mitra Finastika Mustika Auto (MFM) Nissan Datsun Bengkulu, Fery Gunawan, sejak akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017, calon konsumen banyak membeli mobil Datsun dengan DP yang tinggi cicilan ringan. "Kita mulai merasakan dampaknya, kenaikan harga karet, sawit dan kopi yang stabil, kalau dulu masyarakat mau beli mobil dengan DP yang paling murah Rp 5 jutaan, biarlah angguran Rp 3,8 juta - Rp 5 juta, selama 5 tahun. Tapi sekarang, mereka memilih DP 50 juta ke atas, sehingga angsurannya hanya Rp 1,6 - Rp 2 jutaan/bulan saja," ujar Fery.

Untuk menggaet konsumen yang semakin bersemangat ini, Shoorom Nisaan/Datsun Bengkulu ini akan mengadakan 2 event besar selama bulan Februari, yakni pada tanggal 18-19 dengan acara Fun Tes Drive berhadiah langsung pulsa dan HP, dengan kapasitas 20 orang selama 2 hari. "Kita ada acara Fun Tes Drive selama 2 hari, kapasitasnya 20 orang kita batasi, itu berhadiah langsung pulsa dan HP," jelasnya.

Tujuan dari acara ini adalah supaya konsumen bisa merasakan sensasi menggunakan mobil Datsun dengan aksesoris yang mewah dengan mesin 1.200 CC, baik Datsun Go maupun Datsun Go Plus.

Kemudian pada tanggal 24-26 Februari, akan diadakan Auto Show di Bencoolen Mall, memamerkan 2 tipe mobil Datsun dengan target bisa terbukukan 20 SPK (Surat Perjanjian Kontrak). "Mengapa kita memilih di BIM, karena itu pusat perbelanjaan, kita bisa lebih dekat dengan masyarakat, dan mereka tidak harus datang ke showroom, pengunjung bisa sambil berbelanja, maka dan hiburan dan melihat pameran mobil, bagi yang tertarik tentu mereka akan membelinya," jelasnya.

Ditambahkan Fery dari evaluasi penjualan mobil Datsun selama tahun 2016 sebanyak 400 unit dari target 300 unit lebih. Rata-rata penjualan dalam sebulan Rp 35-40 unit. Dan di tahun 2017 ditargetkan naik 500 unit. "Kita sangat oftimis target itu bisa tercapai, mengingat di tahun 2016 saja perekonomian lesu kita masih bisa mencapai target di atas 100 persen, kita diuntungkan di akhir tahun harga komoditi petani meningkat, dan tahun ini jika stabil saja maka bisa tercapai," pungkasnya. (rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Harga Komoditi Naik, Konsumen Cari Mobil DP Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai