Thursday, 16 February 2017

Halte Beralih Fungsi jadi Pangkalan Ojek

ALIH FUNGSI: Salah satu halte di Jalan Sukowati dipenuhi tukang ojek.
CURUP RPP - Halte adalah sarana atau tempat orang menunggu angkutan umum yang letaknya di pinggir jalan. Keberadaannya memudahkan penumpang untuk naik kendaraan umum serta menjamin keselamatan dan keamanannya.

Akan tetapi yang terjadi di Rejang Lebong (RL) sangat berbeda. Karena beberapa Halte yang ada malah beralih fungsi menjadi pangkalan ojek. Tentu selain menyalahi aturan, hak masyarakat untuk bisa menunggu angkutan umum dengan aman dan nyaman menjadi terampas.

Beberapa halte yang disalahgunakan menjadi pangkalan ojek atau tempat tukang ojek menunggu penumpang itu diantaranya di halte depan Badan Pusat Statistik (BPS) RL Jalan S Sukowati dan halte di depan SD Centre Jalan MH Thamrin.

Beberapa anak SMPN 2 Curup yang tengah menunggu angkot saat ditemui RPP Senin (13/2) di depan gang sekolah tersebut mengaku terpaksa menunggu dengan duduk di trotoar lantaran halte yang bisa mereka gunakan penuh dengan para tukang ojek.
"Bahaya nggak bahaya bang, tengoklah dewek halte yang harusnyo untuk nunggu mobil malah jadi pangkalan ojek," kata salah satu siswa tersebut saat ditanyai wartawan koran ini.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan RL, Ediyansori melalui Kabid Lalulintas, H R Suryadi, S.Sos mengaku pihaknya sudah mengetahui permasalahan tersebut. Akan tetapi, permasalahannya saat mereka sidak tidak ada tukang ojek yang mangkal di halte.

Permasalahan lainnya, karena tukang ojek itu tidak mengetahui apa sebenarnya fungsi dari halte yang dibuat oleh Pemkab RL beberapa tahun lalu itu. "Kita terus melakukan pembinaan dan sosialisasi, tapi kayaknya tukang ojek ini kurang paham. Kalau kita usir secara paksa tentu kita menimbang sisi kemanusiaan," kata Suryadi.

Kendati diakuinya jika ada Halte Bus yang digunakan menjadi pangkalan ojek itu jelas menyalahi aturan dan itu salah. "Nanti akan kita lakukan pembinaan atau sosialisasi lagi kepada tukang ojek ini, agar mereka menghargai masyarakat yang akan memanfaatkan Halte sesuai dengan fungsinya," tandasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (14/2). (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Halte Beralih Fungsi jadi Pangkalan Ojek Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai