Tuesday, 14 February 2017

Hadeh..Zebra Cross Kok Nabrak Median Jalan

BELOK: Sejumlah pejalan kaki ini terpaksa sedikit berbelok saat menyeberang karena zebra cross menabrak media jalan.
CURUP RPP – Zebra Cross merupakan tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberang. Tapi anehnya tiga dari empat zebra cross di sekitaran simpang empat bundaran Dwi Tunggal, Curup malah menabrak median jalan. Yakni yang mengarah ke Jalan Basuki Rahmat, Jalan Jendral Soedirman dan Jalan MH Thamrin. Sedangkan yang sesuai dengan ketentuan hanya yang mengarah ke jalan S Sukowati.

Karena zebra cross ini dibuat menabrak media jalan sehingga ketika pejalan kaki akan melintas tidak bisa langsung menyeberang. Akan tetapi harus memutar terlebih dahulu ke ujung median jalan.
Kondisi seperti ini terkesan dibiarkan selama bertahun-tahun oleh dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kabupaten RL karena zebra cross dan media jalan tersebut sudah dibangun beberapa tahun lalu. Akan tetapi sampai sekarang kondisinya masih tetap salah.


Aneh memang, sebuah proyek pemerintah dibangun dengan menyalahi peraturan yang ada. Pejalan kaki pun merasa hak mereka untuk bisa menyeberang dengan aman dan nyaman terampas oleh media jalan. "Ini sih sepertinya kurang perencanaan atau yang membuatnya dan pengawasnya mungkin tidak tahu aturan," ujar Mila (29) salah seorang pejalan kaki yang saya temui setelah menyeberang jalan, Rabu (8/2) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Rejang Lebong, Edi Yansori saat dikonfirmasi mengaku akan segera mengecek langsung ke lapangan bersama dengan bidang lalu lintas. Selanjutnya Edi mengatakan bahwa jika anggarannya sudah siap, tahun ini atau paling lambat tahun 2018 nanti pihaknya akan melakukan perubahan terhadap median jalan tersebut. Menurutnya, seharusnya dalam media jalan tersebut disediakan ruang untuk pejalan kaki menyeberang jalan.
"Memang itu salah dan nanti akan kita perbaiki. Kitakan di sini masih baru dan itu dulu memang dibuatkan Dishub jadi nanti akan kita rubah lagi supaya masyarakat bisa menyeberang dengan aman dan nyaman serta tidak menyalahi aturan," singkatnya.

Sementara itu, di sepanjang jalan MH Tamrin hingga jalan Merdeka seluruh zebra cross dibuat dengan benar dengan dilengkapi tempat menyeberang atau median jalan dibuat lebih rendah dari yang lain tepat pada lintasan zebra cross. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Hadeh..Zebra Cross Kok Nabrak Median Jalan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai