Thursday, 16 February 2017

Guru Madrasah Dibantu Honorer

H. M. Ch Naseh, M.Ed
KEPALA Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong (RL), Drs. H. M. Ch Naseh, M.Ed melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. Kadar Najmidin, M.Pd, mengakui, Kabupaten RL sampai saat ini masih kekurangan guru madrasah. Namun sampai sekarang, permasalahan kekurangan guru madrasah belum teratasi.

Menurut Kadar, sebenarnya masalah kekurangan guru madrasah sudah sejak lama terjadi. Tetapi kekurangan tersebut ditutupi jumlah guru non PNS yang bertugas di masradah-madrasah yang ada di RL. Namun kualitas madrasah akan lebih baik, jika guru PNS bisa lebih banyak dibandingkan guru honorer. Hampir seluruh madarah yang ada di RL, lebih banyak guru honorernya dari pada PNS.

Untuk guru PNS mata pelajaran yang masih sangat minim di RL, yakni guru Bahasa Arab, lanjutnya, hanya berjumlah dua orang, Matematika lima orang dan Biologi dua orang. Minimnya jumlah guru, terpaksa guru mata pelajaran tersebut diganti dengan guru yang bukan bidangnya. "Kita ada tiga jurusan yang jumlah gurunya masih sangat kurang. Guru  madrasah yang sangat dibutuhkan yakni jurusan Bahasa Arab," tukasnya.

Kadar berharap, tahun 2017 bisa dilaksanakan tes CPNS khusus guru madrasah di RL. Sehingga jumlah guru PNS bisa berimbang dengan jumlah guru honorernya. Sekarang, data yang ada yakni guru PNS sebanyak 141 orang dan honorer 289 orang. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Guru Madrasah Dibantu Honorer Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai