Monday, 27 February 2017

Dikbud Rejang Lebong Buka Pendaftaran Calon Kepala Sekolah

Nahdiyatul Hukmi
DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Membuka pendaftaran bagi calon kepala sekolah (cakep) atau Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS). Pendaftaran mulai dibuka dalam pekan ini hingga 11 Maret 2017 mendatang. Kesempatan ini terbuka bagi guru TK, SD, dan SMP.

Diklat ini kerjasama Pemda RL dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), salah satu UPT Kemendikbud yang berkantor di Solo, Jawa Tengah. Untuk tahun 2017 ini, hanya ada 60 kuota se Indonesia. Dalam hal ini, RL mendapat kuota bersama dengan Kabupaten Bengkulu Selatan, Mukomuko, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu mendapat masing-masing kuota satu kelas.

Diklat ini sepenuhnya dibiayai APBN. Dalam proses seleksi administrasi, pihak Dikbud akan memilih 50 peserta yang akan ikut seleksi akademik. LPPKS akan memilih 25 peserta terbaik yang akan mengikuti Diklat PPCKS dengan pola In-On-In, setara 300 jam Diklat. "Bagi yang mau mendaftar kita perbolehkan sebanyak-banyaknya, nanti yang kita siapkan untuk diseleksi sebanyak 50 orang," kata Kepala Dinas Dikbud RL, H Nahdiyatul Hukmi M.Pd melalui Sekretaris Dikbud, Drs Noprianto MM.

Namun menurut mantan Ketua PGRI RL ini, seluruh peserta wajib memenuhi syarat yang diminta, antara lain dan paling utama tidak sedang menjabat kepsek, golongan minimal 3c, masa tugas minimal 5 tahun, usia maksimal 54 tahun dan penilaian kinerja amat baik. "Nanti ada lagi persyaratannya yang bisa mereka lihat dari surat edaran yang sudah kita sampaikan ke sekolah-sekolah," tandas Nopri.

Di samping itu, jika peserta atau peminatnya banyak, Dikbud akan mencoba membuka kelas mandiri. Karena kelas mandiri ini pihak Dikbud akan memfasilitasi seluruh peserta tetapi seluruh biaya ditanggung peserta dan kelebihan dari kelas mandiri ini kepala sekolah boleh mengikutinya. Sebab berdasarkan Permendiknas Nomor 28 Tahun 2010, kepsek harus lulus Diklat PPCKS dan memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). "Syukur-syukur tahun depan bisa diakomodir di APBD untuk diklat ini, karena tahun 2019 rencana Kementerian setiap kepsek wajib punya NUKS," tandasnya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Dikbud Rejang Lebong Buka Pendaftaran Calon Kepala Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai