Tuesday, 21 February 2017

Damkar tak Punya Alat Keselamatan

Sumardi
CURUP RPP - Dalam penanganan musibah kebakaran, petugas pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Rejang Lebong (RL) tidak memiliki alat standar penanganan kebakaran atau tidak memiliki alat keselamatan. Dalam bertugas mereka Hanya menggunakan alat keselamatan seadanya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran RL, Drs H Sumardi, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan, sebelumnya damkar RL memang memiliki alat proteksi terdiri dari pakaian dan sepatu tahan panas, topi (helm tahan api), alat pernafasan buatan jinjing, masker, kecamata pengaman dan sarung tangan. Namun alat-alat hasil pengadaan tahun 2008 lalu itu kondisinya sudah tidak layak pakai lagi.
"Sudah 9 tahun alat set proteksi ini dan dahulu ada 2 set namun sudah tidak bisa digunakan. Saat ini pelaksanaan petugas damkar hanya menggunakan alat penyelamatan seadanya," kata Sumardi.

Karena itu petugas selalu diwanti-wanti untuk berhati-hati saat bertugas. Disamping itu, guna menjaga keselamatan petugas damkar, pihaknya sudah mengajukan proposal ke Menteri Dalam Negeri melalui dana APBN untuk pengadaan 17 set alat proteksi untuk digunakan petugas damkar. "Saat ini proposal ini sudah dibawa bupati untuk dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri. Mudah-mudah disetujui agar pekerjaan dalam pemadaman api bisa dilebih maksimal lagi dilakukan petugas,” harapnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Damkar tak Punya Alat Keselamatan Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai