Tuesday, 21 February 2017

Cuaca Tak Menentu, Waspada Serangan ISPA

Ilustrasi
CURUP TIMUR RPP - Perubahan cuaca yang cukup ekstrim akhir-akhir ini di Kabupaten Rejang Lebong (RL) perlu diwaspadainya serangan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Seperti batuk dan flu disertai demam.

Kepala Dinas Kepala Dinkes RL, H. Asli Samin SKM, M.Kes melalui Kabid Pencehagan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Harmansyah S.Kep S.Sos NERS MM. MPH mengatakan. ISPA biasanya kerap menyerang manusia pada saat terjadi cuaca panas, kemudian tiba-tiba turun hujan lebat disertai angin. Dari cuaca panas berubah drastis menjadi dingin ini, dapat memicu terjadinya ISPA.
"Perubahan cuaca bisa kita rasakan sekarang di RL. Tubuh manusai juga harus berdaptasi terhadap cuaca. Ketika sudah seperti ini, maka daya tahan tubuh akan menurun, maka serangan penyakit juga mudah terjadi," kata Harmansyah.

Cara Menghindari ISPA

Guna menghindari serangan ISPA, lanjut Harmansyah, yakni dengan cara mencuci tangan secara teratur, terutama setelah beraktivitas di tempat umum.  Hindari menyentuh bagian wajah, terutama mulut, hidung, dan mata, agar Anda terlindung dari penyebaran virus dan bakteri. Selanjutnya perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin terutama vitamin C. Vitamin sangat membantu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda dan juga hindari merokok. Serta, ketika Anda bersin, pastikan menutupnya dengan tisu atau tangan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa menular kepada orang lain.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Cuaca Tak Menentu, Waspada Serangan ISPA Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai