Thursday, 16 February 2017

Bukit Menyan Minta Dijadikan Desa Wisata

POTENSI: Inilah air terjun Kali Gede yang ada di Desa Bukit Menyan.
KEPAHIANG RPP - Desa Bukit Menyan Kecamatan Bermani Ilir ternyata menyimpan harta karun. Yakni, air terjun Kali gede yang mempunyai ketinggian 10 meter. Karena itulah pihak desa ingin desa mereka dijadikan desa wisata.

Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kepahiang, Syartoni mengaku sudah pernah melakukan survey titik lokasi objek wisata air terjun Desa Bukit Menyan itu.
Menurutnya, air terjun setinggi 10 meter itu lokasinya tak jauh dari pemukiman warga. Akses jalan Desa yang sudah Hotmik dan hanya berjarak sekitar 300 meter dari jalan poros. "Akses jalan menuju desa sudah hotmix, untuk mencapai air terjun itu melewati jalan setapak yang hanya berjarak 300 meter," katanya

Menanggapi permintaan desa untuk menjadi desa wisata, Syartoni mengusulkan untuk minta pembebasan lokasi tanah dan lokasi parkir untuk sejumlah bangun fasilitasnya.
"Kita minta pembebasan lahan di sekitar lokasi air terjun untuk dibangun fasilitas seperti gazebo, WC, ruang ganti, musala dan  jalan setapak menuju air terjun," ujarnya

Dikatakanya, survey juga dilakukanya ke objek wisata kebun teh Kabawetan. Ia mengaku mendapat sinyal positif dari pengelola Kebun Teh Kabawetan untuk memberikan lahan untuk fasilitas umum seperti, toilet dan gazebo.
"Rencananya akan kita bangun di lapangan Kabawetan, gazebo dan toilet bahkan lapangan parkir. Hanya saja pihak perusahaan minta agar kita mengirim surat secera resmi. Tapi pada prinsipnya mereka sangat mendukung. Untuk itu kita sudah berkordinasi dengan Camat Kabawetan," demikian Syartoni. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Bukit Menyan Minta Dijadikan Desa Wisata Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai