Tuesday, 14 February 2017

Bengkulu Bakal Bangun Jalur Kereta Api Listrik

RIDWAN MUKTI
BENGKULU RPP - Gagasan mantan Gubernur Bengkulu, Agusrin M Najamudin yang membangun rel kereta api tapi tak terwujud, akan dilanjutkan oleh pemerintahan gubernur saat ini, Ridwan Mukti. Rencananya, Pemprov Bengkulu akan membangun jalur kereta api sepanjang 117 Kilometer dari Kota Padang Rejang Lebong - Pulau Baai Bengkulu.

Selain dalam upaya kelancaran transportasi darat, pembangunan ini rencananya akan menjadikan Bengkulu sebagai outlet batubara Sumatera Selatan.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan, lokomotifnya nanti akan menggunakan tenaga listrik. Hal ini sejalan dengan rencana pembangunan pembangkit listrik 2x100 Mega Volt (MV) di Pulai Baai. "Kita ingin jadikan Bengkulu sebagai outlet batubaranya Sumatera Selatan, karena wilayah itu banyak batubara. Jadi bila perlu batubaranya bukan untuk ekspor, bila perlu Bengkulu yang beli batubaranya, kita bangun pembangkit listrik banyak-banyak di sini,” jelas gubernur usai memimpin rapat koordinasi perdana dengan pihak investor didampingi Plt Sekda Provinsi Bengkulu, Drs Ir Sudoto M.Pd dan sejumlah kepala dinas terkait di ruang kerjanya, Senin (13/2).

Selain sebagai alat transportasi angkutan batubara dan bahan makanan serta bangunan, kereta api ini juga bisa digunakan sebagai alat angkutan umum. Sebagai tindak lanjut dari rencana pembangunan ini, gubernur yang akrab disapa RM ini meminta dinas teknis untuk segera mengurus perizinan dan syarat-syarat lainnya, seperti perizinan dari Kementerian Perhubungan dan Kehutanan.

Selaku investor pengembang, Direkrut PT Trans Rentang Nusantara, Indrajaya Putra Januar menjelaskan, rencana pembangunan rel kereta api bertenaga listrik di Bengkulu karena melihat sinerginya antara hasil batubara Sumatera Selatan dengan peluang investasi pengelolaan batubara sebagai bahan baku pembangkit listrik yang akan dibangun.

Direncanakan, pembangunan akan mulai dilakukan pada awal 2018 mendatang, setelah dilakukan survei lokasi, perizinan dan syarat lainnya. "Kita harapkan ada kerjasama antara kita dengan Pemprov Bengkulu. Dengan pembangunan ini juga tidak lain dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” jelas Indrajaya.

Sementara itu, selain sebagai angkutan komoditi seperti batubara dan lainnya, kereta api ini juga nantinya dapat digunakan sebagai angkutan umum, sehingga membantu memperlancar transportasi. Dengan nilai investasi pembangunan sekitar Rp 15 triliun itu, pihak pengembang mengharapkan adanya dukungan penuh dari semua pihak, bukan hanya dari pemerintahan. (rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Bengkulu Bakal Bangun Jalur Kereta Api Listrik Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai