Thursday, 9 February 2017

Baznas RL Salurkan Dana Hingga Rp 2,8 M Lebih


Bantuan konsumtif dhuafa yang merupakan salah satu program dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rejang Lebong (RL), saat ini sudah merambah keseluruh kecamatan di Kabupaten RL. Tercatat sebanyak 555 orang dhuafa menerima program bantuan ini setiap bulannya.

Disampaikan Ketua Baznas RL, Drs H M Rasid Djamak melalui Wakil Ketua Bagian Keungangan dan Pelaporan H Johan Matsa'a bahwa, sebelumnya bantuan konsumtif dhuafa ini belum merambah ke seluruh kecamatan, hanya beberapa kecamatan saja. Namun, sejak Juli 2016 lalu pihaknya sudah menyalurkan bantuan konsumtif dhuafa ini ke seluruh kecamatan di Lembak. "Dahulu 5 Kecamatan di Lembak belum tersalurkan komsumtif dhuafa. Tetapi Alhamdulillah, sejak terbentuknya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di sana kita bisa menyalurkan program yang kita punya ini," kata Johan.

Untuk 555 dhuafa peneriman program di tahun 2016 lalu ini, diberikan dana bantuan konsumtif setiap bulannya sebesar Rp 170.000 dan bantuan ini terus mengalir selagi orang tersebut layak menerimanya. Sasaran konsumtif dhuafa ini sendiri yakni untuk para lansia yang berumur 60 tahun ke atas, miskin, hidup dari belas kasih orang lain. Selain itu pula bantuan konsumtif dhuafa ini untuk masyarakat RL yang mempunyai kecacatan permanen.
Lanjut Johan, untuk bantuan konsumtif dhuafa ini sendiri setiap tahunnya mengalami penambahan penerima dan pada tahun 2017 ini dipastikan penerima bantuan program ini bisa lebih banyak lagi karena sudah adanya UPZ sebagai perpanjangan tangan Baznas RL. "Peneriman konsumtif dhuafa ini merupakan salah satu dari 8 asnaf penerima zakat, infak, sedekah (ZIS)," terang Johan.

Selain melalui program tersebut,  Baznas RL juga rutin menyalurkan santunan dhuafa setiap ada kegiatan bakti sosial yang diselenggrakan Pemerintah Kabupaten RL. Tercatat, pada tahun 2016 lalu ada 9 kegiatan bakti sosial yang diikuti Baznas RL. Dimana, setiap baksos disalurkan bantuan Rp 150 kepada 50 orang dhuafa. "Selain kegiatan ini kita juga menyalurkan santunan dhuafa melalui kegiatan lainnya dan sepanjang tahun 2016 tercatat 1.113 dhuafa menerima bantuan kita ini," tutur Johan.

Dari 8  asnaf penerima ini, total dana yang telah disalurkan mencapai Rp 2.845.958.450. Dari total dana tersebut, realisasi program asnaf dhuafa yang terbesar yakni Rp 1.636.688.000. "Realiasasi asnaf dhuafa ini yakni melalui program pengobatan dhuafa, santunan dhuafa, pendidikan dhuafa, beasiswa dhuafa, beasiswa anak asuh, komsumtif dhuafa bulanan, konsumtif dhuafa satu kali bantu, rehab rumah dhuafa dan bedah rumah dhuafa.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Baznas RL Salurkan Dana Hingga Rp 2,8 M Lebih Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai