Sunday, 19 February 2017

Bakrim Kadisdukcapil, Khalik Lengser

PELANTIKAN: Bupati RL menyerahkan SK kepada H. Bakrim, SH dan drg. Asep Setia Budiman. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Kekosongan jabatan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) RL berakhir. Jumat (17/2), Bupati RL, DR (HC) H. Ahmad Hijazi, SH M.Si melantik H. Bakrim, SH sebagai Kadisdukcapil RL yang baru.

Pada saat bersamaan, bupati juga melantik drg. Asep Setia Budiman sebagai Direktur RSUD Curup menggantikan dr Khalik Muhibat. Menurut bupati, Khalik diganti karena sebelumnya pada medio Januari telah mengirimkan surat pengunduran diri kepadanya sebagai direktur RSUD Curup dengan alasan kesibukan. Sehingga tupoksinya sebagai direktur RSUD Curup kerap terbengkalai.
"Beliau mengajukan surat pengunduran diri secara resmi, bukan karena kinerja. Makanya kita ganti dengan pejabat baru. Harapannya pelayanan di sana bisa ditingkatkan lagi untuk memberikan pelayanan kesehatan secara prima kepada masyarakat," ungkap Hijazi.

Sementara H. Bakrim, SH merupakan salah satu nama hasil dari seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama lalu yang lolos dalam tiga besar dan diusulkan ke Mendagri. Karena nama peraih posisi tertinggi sudah mendapatkan jabatan sebagai staf ahli bupati, maka nama pada posisi kedua dalam hal ini Bakrim yang berhak menerima SK dari Mendagri. Sedangkan mantan Kadisdukcapil sebelumnya Santoso SH M,Si ada di posisi ketiga.
"Pelantikannya sengaja diserempakkan hari ini karena kita kemarin menunggu turunnya SK dari Mendagri untuk Kadisdukcapil itu. Harapan saya di sana karena seluruh pelayanan administrasi kependudukan itu gratis yang jangan sampai ada pungli. Seluruhnya, sampai di tingkat desa/kelurahan jangan ada itu," tegasnya.

Dengan dilantiknya menjadi Kadisdukcapil, artinya Bakrim meninggalkan jabatan sebelumnya sebagai Sekretaris Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Menurut bupati saat ini jabatan itu masih kosong dan akan diisi nanti serentak dengan mutasi para pejabat yang masih kosong. Karena diakuinya masih banyak jabatan eselon III dan IV yang masih kosong. Sedangkan untuk jabatan eselon II yang masih kosong tinggal posisi kepala dinas Pekerjaan Umum dan Inspektur Inspektorat saja. Teknis pengisiannya, karena eselon II harus tetap melalui tahapan seleksi JPTP.
"Kita sedang evaluasi kinerja para pejabat kita dulu, kalau ada yang kurang pas mungkin nanti kita lakukan pergeseran. Jadi gerbongnya itu belum bergerak masih evaluasi. Karena dalam menempatkan orang itu harus benar-benar pada ahlinya. Seperti lurah dan camat sekarang sudah banyak menggunakan jebolan STPDN, jadi mereka harus kita berdayakan," pungkasnya.

Sementara Kadisdukcapil RL H. Bakrim, SH menegaskan dengan adanya amanah ini, ia memastikan di Disdukcapil bebas dari pungutan liar (Pungli). "Semuanya gratis, tidak ada pungli di Disdukcapil. Kita berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," singkat Bakrim. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Bakrim Kadisdukcapil, Khalik Lengser Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai