Thursday, 23 February 2017

BAK Sampah Banyak Menghilang

Tumpukan sampah di eks bank sampah depan TK Xaverius Curup.
CURUP RPP - Banyak bak sampah di Kabupaten RL yang dihancurkan, sehingga masyarakat kerepotan ketika harus membuang sampah rumah tangga.

Seperti bak sampah di depan SMA Muhamadiyah Kelurahan Tempel Rejo. Bak sampah tersebut sengaja dihancurkan, karena letak yang tidak tepat persis berada di depan sekolah. Sehingga baunya yang menyengat kerap mengganggu aktivitas belajar siswa. Begitu juga bak sampah di depan TK Xaverius Curup, turut dihancurkan.

Kemudian di Jalan Dr AK Gani, sebelumnya terdapat bak sampak di lokasi tersebut, namun karena dianggap menggangu jalan dan halaman rumah warga terpaksa bak sampah tersebut dihilangkan. "Memang pernah ada bak sampah di sini dan sengaja di hancurkan, karena sampah berserakan di jalan dan berserakan di halaman rumah warga," ujar Sutini, warga setempat.

Sama halnya di Desa Teladan Kecamatan Curup Selatan, dimana menurut Kadus 2 desa setempat, Andi pernah ada bak sampah yakni didekat TPR kebersihan. Namun, entah mengapa tiba-tiba sudah tidak ada lagi. Tetapi, masyarakat tetap membuang sampah di lokasi tersebut. "Tidak tahu kenapa bak sampahnya dihilangkan. Meski sudah dihilangkan, toh kenyataannya masih saja ada warga yang membuang sampah di lokasi tersebutl. Karena warga sudah bingung, harus membuang sampah kemana dan sebaiknya memang penempatan bak sampah jauh dari pemukiman," kata Andi.

Ketika dikonfimasi ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) RL, Ir Amran M.Si mengatakan, penempatan bak sampah ini memang menjadi dilema. Di sisi lain penempatan bak sampah harus dekat dengan kawasan penduduk dan di sisi lain banyak masyarakat yang keberatan penempatan bak sampah jika harus berdekatan dengan pemukiman.

Dia mengatakan, pihaknya bisa saja menempatkan bak sampah jika ada permintaan dari masyarakat. "Kita bisa menempatkan bak sampah ini jika ada permintaan, karena tahun ini saja kita merehab 15 titik bak sampah. Namun perehaban ini dilakukan untuk bak sampah yang sudah rusak," pungkas Amran.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: BAK Sampah Banyak Menghilang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai