Monday, 13 February 2017

Apotek takkan Batasi Penjualan Samcodin

Nunung Tri Mulyanti
CURUP RPP - Fenomena anak-anak yang mabuk menggunakan pil Samcodin yang memiliki kandungan Dextromethorphane, atau di kalangan pengguna Samcodin ini disebutnya "Bebem" mendapat tanggapan dari pemilik apotek. Nunung Tri Mulyanti, SKM, MM selaku pemilik apotek Agung mengatakan pihaknya tetap akan melakukan penjualan obat tersebut. Karena obat ini terkategori obat yang dijual bebas.

Mereka selaku pemilik apotek juga tidak bisa membatasi penjualannya karena belum ada sikap tegas atau pernyataan dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menjelaskan tentang larangan peredarannya.
"Kalau memang obat-obatan tertentu itu dianggap berbahaya seharusnya ada sikap tegas dari BPOM atau pemerintah daerah. Misalnya dengan adanya penarikan dari pasaran atau adanya imbauan bahwa obat tersebut dilarang untuk dijual bebas. Kalau tidak ada, tidak mungkin kita melarang orang untuk membelinya karena itu memang benar-benar obat," tegas Nunung.

Permasalahannya, lanjut Nunung, obat yang mengandung Dextromethorphane tersebut kerap disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga sebagai solusinya maka pemerintah daerah harus mengambil langkah tegas melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Apalagi yang menyalahgunakan obat ini masih berusia anak-anak di bawah umur.
"Kalau permasalahannya sekarang obat batuk itu disalahgunakan artinya perlu adanya ketegasan dari pemerintah. Pol PP harus bereaksi, misalnya pada jam tertentu harus melakukan razia terhadap anak-anak dibawah umur yang masih berkeliaran di malam hari. Jadi sasarannya bukan hanya pengguna Samcodin ini, namun juga penyalahguna komix atau obat-obatan memabukkan lainnya," pungksnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Apotek takkan Batasi Penjualan Samcodin Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai