Sunday, 26 February 2017

215 Pasutri Bakal Ikut Sidang Isbat

Ilustrasi
CURUP RPP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) bakal menggelar isbat nikah bagi 215 pasangan suami istri (pasutri) yang belum memiliki dokumen pernikahan. Sidang sibat ini diberlakukan khusus untuk pasutri di 7 kecamatan wilayah Lembak, yakni Kecamatan Sindang Kelingi, Sindang Dataran, Binduriang, Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan Kecamatan Kota Padang. Demikian dikemukakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Pranoto Majid SH M.Si didampingi Kabag Kesra Setdakab RL, Jamaan Nur S.Ag, Jumat (24/2).

Saat ini, kata Pranoto, pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan, termasuk berkoordinasi dengan Pengadilan Agama (PA) Curup dan Kemenag RL. "Kita memiliki kuota anggaran untuk 215 pasutri itu. Nanti PA yang akan mengatur teknis sidang isbat ke setiap kecamatan. Sementara Kemenag akan mempersiapkan persyaratan-persyaratan bagi pasutri yang akan diisbat," katanya.

Ditambahkan Pranoto, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan dan kemudahan bagi masyarakat RL yang belum memiliki dokumen nikah sebagai bukti keabsahan secara hukum. "Rencananya, kegiatan sidang keliling ini akan dilakukan pada bulan Mei mendatang. Sekarang sudah disosialisasikan, dan mudah-mudahan mendapat respon positif dari masyarakat, karena ini tujuannya untuk membantu masyarakat," pungkasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: 215 Pasutri Bakal Ikut Sidang Isbat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai