Sunday, 8 January 2017

Tengah Malam, Rumah Ketua RT Dibakar OTD

Mertua Terjebak Api di Kamar


Tampak Ketua RT 3 menunjukkan ember yang digunakan pelaku menyiram rumahnya.
CURUP RPP – Warga Kelurahan Talang Benih heboh. Pasalnya rumah kayu bertingkat milik Elan Riandi (41) Ketua RT III RW IV setempat, dibakar orang tidak dikenal (OTD). Beruntung api cepat diketahui sehingga berhasil dipadamkan sebelum meludeskan seluruh bangunan.

Ketika ditemui RPP di kediamannya kemarin, Elan mengungkapkan peristiwa terjadi Kamis (5/1) berkisar pukul 01.15 WIB. Saat itu ia dibangunkan anak lelakinya Akbar sembari memberi tahu ada kobaran api di dekat kaca depan. “Akbar saat itu memang belum tidur dan masih main HP. Melihat api berkobar ia langsung membangunkan seluruh anggota keluarga,” ujarnya.

Mengetahui ada api, Elan langsung turun melalui tangga belakang dalam rumah. Saat membuka pintu warung, api sudah berkobar. Ia lantas memutuskan menutup kembali pintu tersebut sebab di dalam warung ada dua unit sepeda motor. Untuk mencegah terjadi korsleting listrik, ia nekat menerobos kobaran api dan langsung naik ke atas mematikan sekring sambil berteriak minta tolong. Mendengar teriakan Elan, tetangga langsung berhamburan keluar. Dengan menggunakan alat seadanya, mereka membantu memadamkan api.

Kejadian ini juga nyaris saja membakar Rosma (70), mertuanya yang saat itu tidur di kamar bawah. Api sudah masuk melalui celah-celah pintu rumah dan membakar alas kasur tempat Rosda tidur. Di saat-saat genting itu, Elan kembali mengambil keputusan berani. Ia menerobos masuk ke dalam kamar mencari keberadaan mertuanya. Ia lega setelah melihat sang mertua selamat. Saat itu Rosma tengah terduduk ketakutan di sudut ruangan sambil memeluk bantal guling. Sang mertua pun berhasil dibawa keluar.
“Setelah api berhasil dipadamkan, bau bensin tercium menyengat. Setelah dicari saya menemukan satu ember dan korek api di teras rumah. Saya menduga itu milik pelaku sebab ember dan korek itu bukan milik tetangga kami,” ungkapnya.

Mengenai kerugian, diakui Elan tidak begitu banyak. Hanya tirai dan alas meja serta kursi dan kabel listrik yang terbakar. Namun ia tidak bisa membayangkan jika keberadaan api terlambat diketahui. Hingga saat ini Elan juga masih bertanya-tanya siapa orang yang sudah tega hendak membakar rumahnya. Sebab ia merasa tidak pernah mempunyai musuh atau terlibat keributan sebelum kejadian ini.
“Memang Kamis (5/1) pagi ada warga luar datang membeli pil berwarna kuning di warung. Lantaran jalan sedang dibangun siring, sehingga motor diletakkan di pinggir. Entah kenapa terjadi kesalahpahaman dengan pekerja hingga mengakibatkan ia dikeroyok,” kenangnya.

Untuk menghindari keributan terus terjadi, ia mengamankan orang tersebut dan melapor ke lurah serta Bhabinkamtibmas. Akhirnya permasalahan diselesaikan. "Entah apakah ada kaitannya dengan kejadian itu atau tidak, saya sendiri tidak berani menuduh. Yang jelas saya sudah menjalankan tugas saya dengan baik," tandasnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tengah Malam, Rumah Ketua RT Dibakar OTD Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai