Wednesday, 25 January 2017

Tahun Ini, Setiap Desa Terima Rp 1 Miliar


KEPAHIANG RPP - Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM mengatakan, tahun 2017 ini Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tiap desa, mencapai 1 Miliar. Ini dikemukakan Dayat saat acara HUT Desa Meranti Jaya Kecamatan Ujan Mas, Selasa (24/1).

Dikatakannya, jumlah desa di Kabupaten Kepahiang sebanyak 105 desa akan mendapat jatah kurang lebih 1 Miliar. Angka tersebut memungkinkan terus bertambah setiap tahun. "Dari DD dan ADD, tiap desa yang ada di Kepahiang ini akan menerima total dana sekitar 1 M," ujarnya.

Bupati mengharapkan seluruh desa yang ada, agar rencana pembangunan dapat ditujukan sesuai dengan tupoksi dari pelaksanaan dan kebutuhan desa, sehingga nantinya dari DD dan ADD lebih fokus terhadap kebutuhan prioritas. "Jangan jalan pemerintah provinsi ataupun jalan kabupaten dibangun dari dana tersebut, karena tupoksinya sudah dari pemprov dan pemkab. Bangunlah jalan usaha tani, jalan lingkungan desa, atau gorong-gorong," tegasnya.

Dayat berharap, dari dana yang dikucurkan kepada seluruh desa dapat dimanfaatkan efektif untuk pembangunan di desa. "Agar nantinya tiap-tiap desa dapat menjadi desa yang mandiri dan sejahtera," harapnya.

Bupati juga menyampaikan, di tahun 2017 ini Pemkab Kepahiang telah mengesahkan APBD Kepahiang, terlebih nantinya dari Kabupaten Kepahiang akan menerima APBD Provinsi dan, ditambah dengan Dana Alokasi Khusus (DAK). "Pemkab Kepahiang telah mengesahkan APBD Kepahiang yang nilainya kurang lebih Rp 700 M, dan dari APBD Provinsi, Pemkab juga akan menerima dana Rp 72 M yang nantinya akan kita alokasikan utuk pembangunan jalan, drainase, dan irigasi," tandasnya. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tahun Ini, Setiap Desa Terima Rp 1 Miliar Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai