Wednesday, 25 January 2017

Sekkab Ambil Alih Jabatan Plt Kadisdukcapil

R A Denny
CURUP RPP - Setelah beberapa bulan ini proses pengurusan data administrasi kependudukan di Kabupaten Rejang Lebong (RL) tersendat akibat belum adanya pejabat definitif pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) RL. Dan hanya dijabat oleh Sekretarisnya yang memiliki golongan jabatan setara eselon III sebagai pelaksana tugas (Plt).

Kini posisi jabatan Plt Kadisdukcapil diambil alih langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) RL R A Denny SH MM. Ini dilakukan sebagai solusi agar pengurusan administrasi kependudukan oleh masyarakat tidak terganggu lagi dan bisa dilaksanakan sebagaimana biasanya sehingga tidak terjadi penumpukan.
"Kita menunggu dari Mendagri tidak ada kejelasan sampai sekarang kapan SK penunjukan Kadisdukcapil itu turun. Padahal 2 minggu lalu itu katanya sekitar 3 hari lagi. Makanya kita waktu itu belum menunjuk Plt. Tapi karena ternyata lama maka minggu lalu kita putuskan pak sekda yang mengambil alihnya agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu," ungkap Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) RL Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, M.Si.

Menurut dia, sesuai dengan aturan kepegawaian, harusnya Plt itu dijabat oleh pejabat setingkat dibawahnya. Jadi jika yang di plt itu adalah jabatan eselon II maka yang menjabatnya harus pejabat eselon III. Namun di Disdukcapil ini memiliki ketentuan khusus dari Mendagri sehingga Plt-nya harus pejabat setingkat eselon II.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi terakhir yang diterimanya saat ini berkas pengajuan tiga nama calon Kadisdukcapil RL yakni Gunawan Firmansyah S.Sos, Bakrim S,Sos dan Santoso SH M.Si sudah di meja Mendagri. Tinggal menunggu saja kapan SK tersebut turun.
"Itu kewenangan Mendagri, kita tidak bisa ikut campur siapa yang akan diamanahkan. Tapi sekarang hanya pak Santoso yang masih nonjob sebagai fungsional di Disdukcapil itu sendiri. Sedangkan pak Gunawan Firmansyah sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan pak Bakrim sebagai Sekretaris Dinsos dan PMD," pungkas Khirdes. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sekkab Ambil Alih Jabatan Plt Kadisdukcapil Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai