Tuesday, 24 January 2017

Salah Seorang WNA yang Diamankan, Ternyata..


BENGKULU RPP - Dari hasil pemeriksaan penyidik Kantor Imgrasi Bengkulu, empat orang Warga Negara Asing (WNA) asal China yaitu Lin Youle, Weng Renhua, Zheng Guoqiang dan Lin Weibin yang diamankan Kantor Wilayah Imigrasi Klas I Bengkulu, satu orang di antaranya merupakan Komisaris PT Mingan Mining. Hal ini ditegaskan Kakanwil Imigrasi Klas I Bengkulu, Rafly, SH melalui Kasi Pengawasan dan Penindakan, Agus Ruhadi, Senin (23/1).

Menurut Ruhadi, pemeriksaan masih terus berjalan dan sementara ini terungkap jika WNA atas nama Zheng Guoqiang merupakan komisari PT Mingan Mining. "Zheng memiliki paspor dan juga Izin Tinggal Sementara (ITAS), namun untuk Kota Bengkulu. Saat ditangkap, Zheng inilah yang sembunyi di kamar mandi barak PT Mingan Mining di desa Pondok Bakil Kecamatan Ulok Kupai, Kabupaten Bengkulu Utara (BU)," terangnya.

Dari penjelasan Zheng, ia ke BU karena ada kepentingan, mengurus gaji karyawan di perusahaan tersebut. Karena sebelumnya ia mendapat kabar kondisi perusahaan yang merupakan sub dari PT Injatama ini, didemo masyarakat. Zheng dan Lin, rencananya akan pulang ke negaranya, Kamis (26/1), untuk merayakan Imlek. Bahkan keduanya mengaku, tiket sudah dipesan. "Sedangkan 2 WNA lagi atas nama Weng Renhua dan Lin Weibin, masih didalami. Kita belum tahu apa kepentingan mereka berdua di barak tersebut," tukasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, pihaknya belum mengambil keputusan ataupun kesimpulan apapun terkait nasib keempat WNA yang saat ini masih diamankan di ruang detensi. "Yang jelas, keempatnya masih kita duga, melakukan Tindak Administrasi Keimigrasian (TAK), sebagaimana yang diatur dalam UU nomor 06 tahun 2011 tentang Imigrasi," pungkas Agus. (rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Salah Seorang WNA yang Diamankan, Ternyata.. Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai