Monday, 2 January 2017

Pengunjung Membludak, Jalan Suban Macet Parah

MACET: Padatnya pengunjung membuat arus kendaraan keluar masuk kawasan suban menjadi terhambat. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Wisata Suban Air Panas masih menjadi pilihan favorit masyarakat untuk untuk menikmati masa liburan. Seperti libur tahun baru kemarin. Terpantau ada ribuan pengunjung memadati kawasan itu. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Kota Lubuklinggau, Jambi, Lampung, Padang dan daerah lainnya.

Saking banyaknya, akses masuk ke kawasan Suban macet total. Akibatnya pengunjung terpaksa harus memarkirkan kendaraannya agak jauh, bahkan ada yang diluar gerbang masuk. Sehingga untuk mencapai lokasi air panas harus dilakukan dengan berjalan kaki.

Tak sampai di situ, di dalam kawasan pemandian, ribuan pengunjung juga terpaksa harus berdesak-desakan untuk sekedar mandi dan memotret keindahan kawasan sekitar. "Saya sudah menjadi pengunjung setia wisata suban air panas. Sejak kecil hingga sekarang setiap liburan pasti ke sini. Bagiku suban satu-satunya tempat wisata yang belum tergantikan untuk di wilayah Rejang Lebong," ujar Ari, salah seorang pengunjung asal Provinsi Jambi.

Selama berwisata ke Suban, menurut dia permasalahan yang tak pernah terpecahkan yakni kemacetan. Meski begitu ia dan keluarga rela berjalan kaki dari simpang suban menuju lokasi wisata suban air panas. "Kalau yang lain saat ini sudah banyak yang sudah dibenahi. Pengunjung sudah lebih nyaman," tambahnya.

Petugas wisata Suban Air Panas, Gunawan mengaku pihak pengelola sudah berupaya mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi para pengunjung yakni mengenai kemacetan. Menurut dia, saat ini tengah dibangun parkiran baru yang lebih luas. Pada perayaan Idul Fitri mendatang, parkiran tersebut sudah bisa difungsikan sehingga tidak akan menganggu arus lalulintas keluar masuknya kendaraan lagi. "Kita sudah buat parkiran khusus kendaraan roda dua dan roda empat, yang saat ini masih dalam penyelesaian. Kita jamin, perayaan Idul Fitri mendatang sudah kita fungsikan," singkatnya. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pengunjung Membludak, Jalan Suban Macet Parah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai