Wednesday, 25 January 2017

Pemkab Rekrut 1.536 TKS

Tahapan Mirip Tes CPNS 

Khirdes Lapendo Pasju
CURUP RPP - Tidak jelasnya kapan pemerintah bakal mencabut moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), membuat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (Pemkab RL) mengambil langkah untuk memenuhi kekurangan pegawai. Diperkirakan Februari nanti Pemkab akan merekrut 1.536 orang Tenaga Harian Lepas (THL) atau yang dalam bahasa usulan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) RL adalah Tenaga Kerja Sukarela (TKS).

Menurut Kepala BKPP RL Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, M.Si, mereka saat ini tengah menyusun peraturan bupati (Perbup) tentang pengangkatan TKS. Berisi tentang teknis tes, pembinaanya serta hak dan kewajiban para TKS. Namun, berdasarkan anggaran yang ada pada APBD RL 2017, hanya bisa mengakomodir untuk 1.536 orang.

Itupun dengan jumlah honor mereka yang bervariatif mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta. Sedangkan permintaan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) RL honor TKS minimal Rp 1 juta per orang per bulannya. Jika demikian, tentu yang akan terpengaruh adalah jumlah TKS yang bakal direkrut, yakni bakal dikurangi dari jumlah 1.536 tersebut dan menyesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada.
"Kita menyesuaikan dengan jumlah anggaran yang ada, karena pak Sekda menginginkan honornya minimal Rp 1 juta. Nanti kita rapatkan dulu dengan tim khusus untuk menangani ini termasuk pembuatan Perbupnya dan juga namanya. Kalau di usulan kita itu bukan THL tapi TKS," ujar Khirdes.

Ia menjelaskan, nantinya mereka akan melakukan tahapan layaknya pada saat tes CPNS. Dimulai dari pemasangan pengumuman pendaftaran, penyerahan berkas, verifikasi berkas hingga pada tes tertulis. Kemudian ada beberapa bidang pekerjaan yang mengharuskan pelamarnya memiliki keahlian khusus. Seperti pada Satpol PP, Sopir, PBK dan Security (Satpam).

Sedangkan khusus untuk bidang pekerjaan penjaga pintu air, penyapu jalan dan penjaga malam tidak perlu mengikuti tes. Hanya saja sebelum perekrutan itu BKPP berkoordinasi dengan SKPD yang akan memperkerjakan mereka, karena memerlukan kepercayaan atasan dan membutuhkan tanggung jawab. Untuk pendidikan minimal, BKPP tidak membatasinya, karena banyak bidang pekerjaan yang dibutuhkan, tinggal menyesuaikan saja.
"Khusus untuk Pol PP, anggota PBK dan Security (Satpam) mereka harus memiliki kecakapan dibidangnya, serta harus bisa baris berbaris. Kemudian untuk yang melamar kerjaan sopir harus memiliki SIM A. Tapi selain itu mereka juga harus tetap mengikuti tes tertulis seperti calon TKS yang lainnya. Tunggu saja informasinya, setelah Perbup ini nanti selesai," pungkas Khirdes. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pemkab Rekrut 1.536 TKS Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai