Monday, 9 January 2017

Lima Desa Gelar Pilkades Serentak, Ingin Nyalon? Ini Syarat


CURUP RPP – Pelaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) tahun ini akan kembali digelar di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Pelaksanaan pilkades ini akan dilakukan serentak di lima desa yakni Desa Ujan Panas, Desa Pelalo, Desa Tebat Tenong Luar, Desa Sinar Gunung dan Desa Turan Baru.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos PMD) Kabupaten RL, Drs. Darmansyah, MM mengatakan pilkades serentak ini diperkirakan akan digelar pada bulan Mei nanti. "Untuk dananya sudah dianggarkan yakni sebesar Rp 125 juta," kata Darmansyah.
Dijelaskan, angaran ini digunakan untuk pengadaan surat suara, honor panitia, pengawas dan tim monitoring, keamanan dan honor lainnya. Tahapan pelaksanaan pilkades menurut dia masih dalam penyusunan.

Untuk masyarakat yang akan menjadi calon kades, ada beberapa  syarat yang harus dipenuhi. Yakni merupakan warga negara Indonesia, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memegang teguh dan mengamalkan Pancasila dan melaksanakan UU Dasar RI.

Mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan RI dan Bhineka Tunggal Ika, berpendidikan paling rendah SMP atau sederajat, bersedia dicalonkan menjadi kades, terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling singkat 1 tahun, tidak sedang menjalani hukuman pidana, tidak pernah dijatuhi pidana penjara, berbadan sehat. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Lima Desa Gelar Pilkades Serentak, Ingin Nyalon? Ini Syarat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai