Sunday, 1 January 2017

Kontrak 800 THL Berakhir

Khirdes Lapendo Pasju
CURUP RPP – Kontrak 800 orang Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong (RL) berakhir Sabtu (31/12). Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL, Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, M.Si mengatakan kontrak kerja antara pemkab dengan para THL hanya berlaku setahun sekali.
"Terhitung Sabtu (31/12) kontrak kerja mereka telah berakhir, jadi mulai 3 Januari 2017 nanti apakah akan diperpanjang atau tidak itu akan menjadi keputusan dari setiap SKPD. Kemungkinan akan ada yang diperpanjang atau tidak itu hak SKPD menyesuaikan kebutuhan mereka," ujarnya.

Menurut dia, para THL tersebut sebenarnya merupakan Tenaga Kerja Sukarelawan (TKS), sehingga pengabdiannya untuk daerah tersebut bersifat sukarela. Hanya saja sebagai imbalan atas jasanya pemkab memberikan intensif atau honor sesuai beban kerjanya.

Untuk besaran honornya selama ini sudah memenuhi standar kelayakan. Setiap THL mendapatkan haknya mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta per bulan. Tergantung dengan beban kerja atau keahlian mereka di setiap SKPD tersebut.
"Kita akan evaluasi dulu, sejauh ini mengenai peningkatan besaran honor mereka belum dibahas. Mudah-mudahan masih bisa merekrut kembali untuk mengurangi pengangguran di RL," demikian Khirdes. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kontrak 800 THL Berakhir Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai