Monday, 9 January 2017

Kolam Tercemar, Puluhan Ribu Ikan Mati


LEMBAK RPP – Sejumlah pemilik kolam air deras di Desa Belumai 1 Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) meradang. Puluhan ribu ikan mereka mati akibat kolam tercemar. Diduga pencemaran terjadi akibat aktifitas tambang galian C di daerah sekitar.

Salah seorang pemilik kolam, Irin mengaku kolamnya tercemar sejak salah satu galian di desa setempat mulai beroperasi. Air kolam menjadi keruh dan kotor sehingga ikan-ikan yang baru berumur satu bulan banyak yang mati. “Dari 100 ribu bibit ikan yang ditebar, paling hanya tingal 40 ribuan saja. Tiap hari pasti ada ikan yang mati, mulai dari 10 kilo hingga 15 kilo,” ungkapnya. 

Diakui Irin, ikan-ikan yang ada di dalam kolam itu memang bukan miliknya. Sebab ia hanya pemilik yang menyewakan kepada orang lain. “Namun dalam hal ini saya sebagai pemilik kolam kasihan sekali kepada orang yang menyewah kolam saya ini. Sebab jika terus terjadi, pasti bakal gagal panen,” tukasnya.

Lanjut Irin, masalah ini sebenarnya sudah pernah pihaknya sampaikan kepada pihak penambang dan kepala desa setempat. Namun sampai saat ini, sebayak 3 unit petak kolam mliknya masih saja tercemar. 

Dimintai pendapatnya kemarin, Camat Padang Ulak Tanding (PUT), Rosita, SH menyarankan kepada pemilik kolam untuk membuat surat pengaduan secara resmi kepada pihaknya yang ditembuskan kepada kepala desa. Dengan begitu pihaknya bisa melakukan koordinasi dengan pihak kabupaten. (sr5)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kolam Tercemar, Puluhan Ribu Ikan Mati Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai