Monday, 9 January 2017

Kembali ke Sekolah Lama, Kepsek jadi Guru Biasa

PEMBUKAAN kegiatan guru pembelanjaran peningkatan kompetensi guru tingkat SMA di SMAN 4 RL, tahun 2016 lalu.
CURUP RPP – Mulai hari ini, Senin (9/1), seluruh guru dan mantan kepsek SMA/SMK di Rejang Lebong kembali ke sekolah lama. Mereka bertugas mengikuti SK Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Kepada RPP, mantan Kepala SMAN 1 Curup Tengah (sekarang SMAN 5 RL, red), Tuharlan Efendi, S.Pd mengaku keputusan ini mereka ambil setelah mendapat arahan dari pihak pemprov, Kabid Dikmen dan Kabid Pendidikan Tenaga Kependidikan (PTK) Dispendik Provinsi Bengkulu, Jumat (6/1).
“Kami berinisiatif mendatangi langsung Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Bengkulu untuk mempertanyakan tentang SK tersebut. Saat itu pihak pemprov mengatakan seluruh guru SMA/SMK wajib mengikuti SK BKN atau bertugas di sekolah yang lama,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu mereka dijelaskan soal peraturan Kepala BKN No 1 tahun 2016 bab 2 pasal 2 ayat 5. Dimana isinya menyatakan bahwa pegawai negeri sipil yang menduduki jabatan pengawas sekolah, kepala sekolah dan jabatan pengawas (setara jabatan eselon IV) yang telah dialihkan sebagaimana dimaksud ayat (1), tetap menduduki jabatan pengawas sekolah, kepala sekolah dan jabatan pengawas (eselon IV). Pengalihan Pegawai Negeri Sipil sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan terhitung mulai tanggal 1 Oktober.

Meskipun kembali ke sekolah lama sesuai SK BKN namun Tuharlan mengaku tidak bermaksud untuk merebut kembali jabatannya yang lama sebagai kepala sekolah. Saat ini hanya menjalankan tugas sebagai guru biasa yakni guru biologi di SMAN 5 RL. Karena baginya untuk permasalahan siapa yang akan menjadi kepala sekolah itu nanti sudah menjadi kebijakan dan menunggu petunjuk dari provinsi. “Jadi saya tegaskan bahwa kami mendatangi Pemprov bukan untuk mengembalikan jabatannya yang lama tetapi untuk mengetahui dimana seharusnya kami bertugas. Itu saja,” ucapnya.

Hal yang sama dilakukan rekan-rekannya yang lain. Mereka kembali ke sekolah yang lama dengan menjadi guru biasa. Misalnya saja seperti  Hamdan Mahyudin, S.Pd, MM yang saat pelantikan menjadi pengawas Disdikbud RL dan sekarang sudah kembali ke SMAN 2 RL (Sebelumnya SMAN 1 Curup Timur, red). “Jadi guru itu sudah biasa jadi kita, menjadi kepala sekolah pun kita juga mengajar. Jadi untuk kembali ke sekolah yang lama bukan bermaksud menyerobot jabatan lama tetapi kita hanya mengikuti SK itu saja," tegasnya.

Tuharlan melanjutnya, saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk dan kejelasan dari Pemprov bagaimana tugas mereka selanjutnya dan dimana mereka ditempatkan. Sebab kewenangan saat ini berada di tangan pemprov. "Kiblat kita sekarang provinsi, jadi kita ikuti saja apa yang dikatakan orang provinsi," tandasnya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kembali ke Sekolah Lama, Kepsek jadi Guru Biasa Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai