Friday, 6 January 2017

Hasil Diagnosa, Benjolan Akibat Kelainan Genetik

ANTRE: Ismawati didampingi suaminya dan Hj. Mardiani saat berada di ruang tunggu RSUD Curup untuk menjalani pemeriksaan beberapa hari lalu. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Benjolan - benjolan yang bermunculan di tubuh Ismawati (32) dalam istilah medis disebut Neurofibromatosis. Berupa kelainan genetik dimana pertumbuhan sel terganggu sehingga tumbuh tumor-tumor pada jaringan saraf. Tumor tersebut umumnya jinak dan bisa muncul di berbagai bagian dari sistem saraf, seperti pada otak maupun saraf tulang belakang hingga saraf-saraf tepi. Demikian disampaikan dokter Rini Karmila yang menangani Ismawati saat menjalani pengobatan di RSUD Curup kemarin.

BACA SEBELUMNYA: Penyakit Aneh, Tubuh Ibu Ini Dipenuhi Benjolan

Menurut Rini, kelainan ini bisa menjadi tumor dan menyebabkan abnormalitas-abnormalitas terutama pada kulit dan tulang. Kebanyakan penderita mengalami penyakit ini karena faktor keturunan. Hanya sekitar 30 persen penderita tidak memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit tersebut.
Penyakit ini muncul karena tubuh mengalami mutasi gen secara individual dan tidak selalu bawaan lahir. Sebab penderita bisa menurunkan penyakit ini pada keturunannya kelak.

Rini melanjutkan, penyakit ini bisa dibuang melalui operasi. Kecuali penyakit ini telah meningkat menjadi kanker, maka pengobatan harus dilakukan selayaknya mengobati penyakit kanker. Deteksi penyakit ini bisa dilakukan saat penderita masih kanak-kanak. "Sebenarnya penyakit ini tidak membahayakan, namun melihat kondisi penderita Ismawati yang benjolannya sudah besar, maka terpaksa dioperasi dengan cara dibedah,” katanya.

Rini menambahkan, seharusnya Ismawati memeriksakan penyakitnya sejak usia kanak-kanak. Sebab tanda-tanda penyakit ini sudah muncul pada usia kanak-kanak. "Malam tadi pasien sudah dilakukan operasi kini sedang dirawat di ruang anggrek," tandasnya.

Seperti dilansir koran ini sebelumnya, Ismawati (32) warga Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang mengidap penyakit aneh. Sekujur tubuhnya dipenuhi benjolan-benjolan. Kepada RPP Ismawati mengungkapkan penyakit ini sudah ia alami sejak lahir. Awalnya hanya benjolan kecil menyerupai kutil di kaki. Namun seiring perjalanan waktu, benjolan itu terus bertambah banyak dan ukurannya terus membesar sejak dua tahun terakhir. Selama ini ia tidak pernah memeriksakan kondisi penyakitnya itu ke dokter karena keterbatasan biaya.

Meski tidak merasa sakit tetapi keberadaan benjolan-benjolan itu dirasakan sangat menganggu. Apalagi benjolan di bagian kening sudah nyaris menutupi mata sebelah kiri. Keadaan ini juga membuat dirinya merasa minder hingga berupaya menutupi benjolan di wajahnya dengan poni. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Hasil Diagnosa, Benjolan Akibat Kelainan Genetik Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai