Tuesday, 3 January 2017

Gunung Kaba Masih Diserbu Pendaki

RAMAI: Para pendaki baru saja  datang ke pos registrasi sebelum melakukan pendakian. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
SELUPU REJANG RPP - Hingga Senin (2/1) rupanya masih banyak pendaki yang menyerbu Gunung Kaba. Ujang Sahdi, anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Kaba Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang mengungkapkan hingga pukul 13.00 WIB kemarin, jumlah pendaki sudah mencapai 80 orang. Itu hanya data pendaki yang melakukan pendakian hari kemarin, belum termasuk pendaki yang sudah mendaki pada hari-hari sebelumnya namun belum turun gunung.

Ujang memaparkan, setiap pendaki yang hendak melakukan pendakian harus membuat kesepakatan jadwal kembali atau turunnya mereka ke pos Pokdarwis. Jika sampai batas waktu jam yang telah ditentukan namun tidak kunjung datang, Pokdarwis akan menghubungi melalui nomor handphone pengunjung. Jika tidak tersambung maka mereka akan melakukan penjemputan atau pencarian ke puncak kaba.
"Kita bertanggungjawab atas keberadaan mereka di sini selaku tamu kita. Jadi kalau mereka tidak turun pada jam yang telah disepakati akan kita cari. Kita akan memastikan mereka bisa kembali kesini dalam kondisi selamat," ungkap Ujang.

Menurut salah satu pendaki, Royen (27) asal Desa Muara Rengas Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musirawas yang baru saja tiba di lokasi Pos Pokdarwis, ia sengaja mendaki kemarin untuk menghindari tumpukan pendaki di puncak gunung api di RL tersebut. Royen bersama 6 orang lainnya sengaja jauh-jauh datang ke Gunung Kaba untuk menikmati alam segar dan penasaran akan keindahannya.
"Baru kali ini mas datang ke sini, rencananya tidak akan camping. Ini pertama kalinya kami ke sini karena selama ini penasaran akan keindahannya. Kata orang-orang bagus, makanya kami nekad ke sini," katanya kepada wartawan koran ini.

Kemudian, Yusa (20) warga Kota Bengkulu mengaku baru saja turun melakukan pendakian. Ia bersama 8 orang lainnya berada di puncak Gunung Kaba sejak Minggu (1/1) pukul 22.00 WIB. Sayangnya menurut Yusa mereka kesulitan mendapatkan air ketika berada di puncak.

Untungnya sebagai antisipasi karena sudah sering melakukan pendakian, ia dan rombongan sudah membawa persiapan air bersih dari bawah sebanyak 10 botol berukuran besar. "Kami sampai di pos ini pukul 20.00 WIB, lanjut jalan kaki ke puncak dan memasang tenda. Saat itu sempat angin kencang hingga kami kesulitan mendirikan tenda, alhamdulillah tidak terjadi apa-apa," ceritanya.

Wakil Ketua II Pokdarwis Gunung Kaba, Fatmawati mengatakan, pada perayaan malam tahun baru 2017 ada sekitar 300 pendaki lebih yang berada di puncak Gunung Kaba. Jumlah ini menurut Fatma menurun jika dibandingkan dengan jumlah pendaki pada perayaan hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2016 lalu.
"Karcis ini yang mengeluarkannya BKSDA, biaya masuk kelokasi ini untuk Camping Rp 2.500 per orang, pengunjung umum Rp 5.000 per orang, hari libur Rp 7.500 per orang dan pada hari biasa Rp 5.000 per orang. Pembagiannya sejauh ini kita bagi dengan BKSDA 50 : 50, karena kita belum punya Perda untuk pembagian hasil tiket ini, harapan kita ada perda yang mengaturnya," kata Fatma. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Gunung Kaba Masih Diserbu Pendaki Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai