Wednesday, 11 January 2017

Februari, Perekrutan THL Baru


CURUP RPP – Sedikitnya seribu orang Tenaga Harian Lepas (THL) di Kabupaten Rejang Lebong (RL) habis kontraknya pada 31 Desember 2016 lalu. Mereka tersebar diseluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di RL.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) RL, Khirdes Lapendo Pasju, SSTP, M.Si mengatakan sampai saat ini pemkab belum melakukan perpanjangan kontrak. Sebab para THL itu akan dites terlebih dahulu sebelum direkrut kembali.
“Untuk menjamin kualitas para THL dan memastikan bahwa mereka memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, kita akan menggelar tes terhadap para THL baru,” ujarnya saat ditemui di kantornya Selasa (10/1). 

Rencananya, tes akan digelar Februari mendatang. Saat ini BKPP sedang menghimpun data kebutuhan THL dari seluruh SKPD. "Jadi kalau ada yang mau mendaftar silahkan saja buat lamarannya ke BKPP. Nanti kita akan bentuk timnya, mulai dari tim pembuat soal hingga tim untuk pelaksanaan tes tertulis," jelasnya.

Seleksi THL melalui tes dilakukan untuk memastikan bahwa THL di RL memiliki wawasan pengetahuan yang luas. Akan tetapi untuk batasan pendidikan tidak ada batasan minimal. Karena justru saat ini RL kekurangan tenaga kerja non sarjana. Mayoritas PNS dan THL selama ini adalah sarjana.

Sejauh ini, hanya pertugas kebersihan (penyapu jalan), Pol PP dan petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) saja yang kontraknya diperpanjang. Hal itu dilakukan karena tiga pekerjaan ini dinilai sangat penting dan tidak bisa dibiarkan kosong. Sedangkan pada beberapa SKPD lainnya yang masih menggunakan jasa THL menurut Khirdes itu tanpa ada SK.
"Kalau ada SKPD lain yang masih ada THL itu mereka hanya mencari kesibukan saja, tidak bisa digaji. Karena dasar hukum berupa SK tidak ada. Kalau mau mendapatkan SK nanti harus mengikuti tes lagi," tandasnya. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Februari, Perekrutan THL Baru Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai