Wednesday, 11 January 2017

Dua Minggu Dirawat, Pria Terlantar Akhirnya Meninggal

Kondisi Nelson sebelum dibawa ke RSUD Curup beberapa waktu lalu.
CURUP RPP - Nasib Nelson (45) berakhir tragis. Pria yang terlantar di sebuah pondok kebun setelah dicampakkan istrinya itu akhirnya meninggal dunia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya Senin (9/1) sekira pukul 18.15 WIB di rumah kakaknya, Nurna di Jalan Sawah Baru Kelurahan Jalan Baru Curup.

Sebelumnya, selama dua minggu Nelson dirawat di RSUD Curup. Ia dibawa ke rumah sakit setelah keadaannya diketahui dari pendamping sosial, Sutrimah. Saat ditemukan kondisinya kurus akibat menderita penyakit TBC. Dua minggu dirawat di rumah sakit, kondisi Nelson sempat membaik. Sehingga pada Minggu (8/1) Nelson meminta untuk keluar dari rumah sakit.

Saat itu ia berencana kembali ke pondok tempatnya tinggal sebelumnya. Namun saat itu pondok sudah dipenuhi pupuk, sehingga ia dibawa ke rumah saudaranya di Jalan Sawah Baru. Hermanto, warga yang sukarela merawat Nelson sebelumnya mengaku sedih dengan kepergian Nelson. Ia sendiri tidak menyangka sebab pada hari Sabtu kondisi Nelson sudah membaik. “Saat ia berpamitan pulang, Nelson mengucapkan terima kasih karena telah merawatnya dengan baik selama 6 bulan terakhir ini. Ternyata ucapan terima kasih itu menjadi perkataan terakhir yang saya dengar dari Nelson. Meski bukan keluarga kami tapi saya tetap ikut bersedih atas kepergiannya, apalagi jika mengingat kondisinya semasa dengan kami,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nelson ditemukan tergolek lemah di sebuah pondok kebun di kawasan Kelurahan Dusun Curup, Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong.

Saat disambangi oleh tim dari pendamping sosial, Sutrimah kemarin, tubuhnya terlihat pucat dan kurus serta batuk-batuk akibat penyakit TBC yang dideritanya. Belakangan terungkap ternyata perjalanan hidup Nelson sangat dramatis. Ia hidup terlantar setelah dicampakkan istrinya. 

Sebelum ini Nelson tinggal bersama keluarganya di Padang, Sumatera Barat. Namun karena mengidap TBC dan tidak bisa mencari nafkah, ia dicampakkan istrinya. Akhirnya Nelson memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Curup. Biaya ongkos perjalanan pulang Nelson dikumpulkan dari sumbangan teman-temannya di Padang.

Setiba di Curup, Nelson sempat tinggal di rumah salah satu saudaranya di Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup. Karena tak ingin memberatkan saudaranya, Nelson kemudian menumpang di rumah Hermanto (55) warga Kelurahan Dusun Curup. Nelson tinggal di rumah Hermanto sejak bulan Agustus 2016 lalu. Prihatin atas nasib Nelson membuat keluarga Hermanto empati dan bersedia mengurusi Nelson.

Mulanya, Keluarga Hermanto tidak mengetahui jika Nelson mengidap sakit TBC. Setelah membawa Nelson berobat ke Puskesmas terdekat barulah diketahui jika Nelson mengidap TBC. Meski begitu keluarga Hermanto tetap mengurusi Nelson. Bahkan sudah dianggap sebagai keluarga. Ternyata penyakit TBC yang diidapnya membuat Nelson tak enak hati tinggal di rumah itu lalu memutuskan untuk pergi. Setelah dicari ternyata ia tinggal di pondok kebun milik Hermanto. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Dua Minggu Dirawat, Pria Terlantar Akhirnya Meninggal Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai