Wednesday, 25 January 2017

DLH Rencanakan Olah Sampah Bernilai Jual Tinggi

Ilustrasi
SELUPU REJANG RPP - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong (RL) berencana mengajukan anggaran untuk membeli mesin pengolah sampah, yang nantinya bisa menghasilkan sampah bernilai jual tinggi dan bisa dijual hingga keluar Provinsi Bengkulu.

Kepala DLH RL, Ir Amran M.Si melalui Kasi Perencanaan dan Kajian Dampak Lingkungan Andi Wijaya ST mengatakan, usulan tersebut rencananya akan diajukan pada saat pembahasan APBD-P tahun 2017, yakni mesin pencacah sampah, mesin cuci sampah dan mesin pengering sampah dan sampah yang diolah ini merupakan sampah plastik. "Sampah-sampah ini memang menjadi momok, tetapi di balik momok tersebut ternyata sampah-sampah ini memiliki nilai jual yang tinggi, makanya dengan mesin pengolah sampah ini, kita harapkan bisa mengubah pola pikir masyarakat," kata Andi.

Andi menambahkan, untuk membeli mesin pengolah sampah komplit, dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp 100 juta, namun mesin ini bisa menghasilkan sampah bernilai seperti sampah plastik berwarna hitam Rp 6.000 per Kilogram, sampah plastik campuran Rp 4.000 per Kilogram dan sampah plastik bening seperti bekas minuman/ plastik botolan mencapi Rp 10.000 per Kilogram. "Selama ini sampah plastik ini memang dijual ke pengepul, namun harganya tidak terlalu tinggi karena belum diolah, namun ketika sudah ada mesin ini maka akan bernilai jual tinggi," terang Andi.

Selain itu, dalam kunjungan kerja yang telah dilakukan Andi di wilayah percontahan, ia sangat terkesan dengan pengusaha penjual sampah plastik, karena omzet pengusaha tersebut mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah, hanya dari pengolahan sampah saja. "Tentu hal ini bisa menjadi peluang bagi masyarakat RL untuk bisa menjadi pengusahan penjual sampah plastik," pungkasnya.(ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: DLH Rencanakan Olah Sampah Bernilai Jual Tinggi Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai