Wednesday, 7 December 2016

Terbukti Pungli, Langsung Dipecat

RIDWAN MUKTI
BENGKULU RPP - Apabila terdapat Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemda Provinsi Bengkulu terbukti melakukan pungutan liar (pungli) saat memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka konsekuensinya dipecat. Hal ini ditegaskan Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti MH, usai melantik Tim Satgas Bersama Pungutan Liar (Saber Pungli).
"Ya dipecat! Serius, ini kan perintah presiden. Dan untuk diketahui, seluruh provinsi Satgas Saber Punglinya sudah dibentuk," ujar gubernur.

Secara nasional, Tim Saber Pungli sudah berjalan yang dipimpin langsung oleh Kapolri. Sedangkan di daerah dipimpin langsung oleh Kapolda. Dengan telah dibentuknya Tim Saber Pungli di daerah, maka tim ini dapat langsung bekerja, melakukan pengawasan di kantor-kantor pelayanan.
"Jelas konsekuensinya. Apabila ada yang tertangkap tanggan maka langsung diberhentikan," tegas gubernur.

Gubernur berharap, pungli dibersihkan sampai tuntas, sistematis dan menyeluruh. Menurut dia, pemberantasan pungli akan simultan dilakukan.

Tim Saber Pungli ini berisikan anggota lintas instansi, mulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Bengkulu, Polda Bengkulu, Kejaksaan dan unsur TNI. Dilibatkannya lintas intansi ini diyakini pemberantasan pungli tidak tebang pilih, melainkan merata di berbagai instansi, terutama pada pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Secara nasional, sekretariat Tim Saber Pungli berada di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar yang mengatur upaya pemberantasan pungli secara terpadu. Menurut Wiranto, pembentukan Tim Saber Pungli adalah untuk menciptakan ketentraman masyarakat, menjadikan proses pelayanan publik lebih bersih dan lebih cepat, membangun kepastian dan kepercayaan publik terhadap aparat pemerintah yang melayani mereka lewat Saber Pungli.(rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Terbukti Pungli, Langsung Dipecat Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai