Thursday, 8 December 2016

Sita 63 Botol Miras, Amankan Tsk Sajam

SITA: Puluhan botol miras berhasil diamankan dalam operasi pekat kemarin. Foto: Bambang Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Mengawali Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) Nala 2016, Polres Rejang Lebong berhasil menyita 63 botol miras. Puluhan botol miras berhasil disita dari sejumlah warung, Rabu (7/12) sekira pukul 10.10 WIB. Terdiri dari 54 botol jenis minuman Mision House, 2 botol jenis Newport dan 7 botol jenis Khongkuat di sebuah warung milik Yeni (36) di Jalan AK Gani.

Tak lama berselang, polisi juga berhasil mengamankan tiga remaja yakni Yo (16) warga Desa Sukarami (Talang Gambir, red) Kecamatan Bermani Ulu, Ra (16) warga Kecamatan Ujan Mas, Kepahiang dan Ep (18) warga Kecamatan Tapus, Lebong. Namun dari ketiga remaja ini, hanya Yo yang diamankan sebab kedapatan membawa senjata tajam (sajam). Sementara dua rekannya berstatus saksi.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Kabag Ops Kompol Firdaus PN mengungkapkan operasi ini dilakukan serentak di seluruh institusi Polri sejak Rabu (7/12) hingga 16 hari ke depan. Tujuannya  menciptakan suasana kondusif serta mencegah peredaran minuman keras (miras), perjudian, asusila dan premanisme. “Untuk warung yang kedapatan menjual miras sudah kita berikan teguran tertulis. Jika peringatan itu tidak diindahkan maka akan diberi sanksi tegas," ujar Firdaus.

Ditambahkan Firdaus, guna memberantas peredaran miras ini, pihaknya juga berharap masyarakat bisa turut berperan aktif untuk melaporkan ke pihaknya jika mengetahui ada warung yang menjual miras. “Kita akan pantau terus, jika mendapat informasi, kita akan tindaklanjuti secara cepat. Untuk itu kita harapkan peran serta masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya," imbaunya.

Gelagat Mencurigakan
Sementara itu, Yo, Ra dan Ep diamankan polisi Rabu (7/12) sekira pukul 01.15 WIB di Jalan S.Sukowati depan Masjid Agung Baitul Makmur. Saat itu ketiganya tengah mengendarai sepeda motor jenis Yamaha Vega warna abu-abu tanpa nopol dan keadaan jambrong. Melihat geladat tidak baik, polisi langsung dalam melakukan pengejaran.

Bukannya berhenti saat dicegat, ketiganya malah melaju kencang mencoba menghindari petugas. Akhirnya saat tanjakan di jalan umum S Sukowati depan Masjid Agung, motor pelaku berhasil dihadang dan saat digeledah polisi menemukan sebilah pisau di tas yang disandang Yo. Ketiganya langsung diamankan berikut sepeda motornya. "Kita tengah melakukan pemeriksaan, Yo kita tetapkan tersangka kepemilikan senjata tajam sedangkan Ra dan Ep sejauh ini masih sebagai saksi. Kita masih dalami kegunaan pisau tersebut. Namun dari pengakuan Yo senjata tajam itu untuk jaga diri saja," ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan dari keterangan tersangka Yo, mereka bertiga sebelumnya baru pulang dari tempat temannya di Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan dan berniat ke tempat kontrakan temannya di Jalan S Sukowati. "Kita akan proses terhadap tersangka Yo sesuai dengan UU peradilan anak sebab tersangka masih dibawah umur," terang Firdaus. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sita 63 Botol Miras, Amankan Tsk Sajam Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai