Wednesday, 7 December 2016

Sekolah Kembalikan Uang Les

HANAPI
SEBAGAI tindaklanjut atau respon dari surat edaran (SE) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Rejang Lebong (RL) tentang pungutan liar (pungli) beberapa waktu lalu. Sekolah yang sebelumnya melakukan iuran uang les, rencananya akan mengembalikan uang tersebut ke orang tua/wali siswa langsung.

Salah satunya SMAN 3 Rejang Lebong (RL), bakal mengembalikan uang les pada saat pembagian rapor, 22 Desember mendatang. Uang les tersebut akan diberikan langsung kepada orang tua/wali siswa. "Kita menerima uangnya dari orang tua, jadi kita kembalikan kepada orang tua siswa juga," kata Kepala SMAN 3 RL, Wardoyo M.Pd.

Dia melanjutkan, pengembalian uang les pada saat bagi rapor dan langsung kepada orang tua siswa, tujuannya agar jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan masalah. Misalnya, jika uang tersebut dikembalikan melalui siswa, tetapi tidak disampaikan kepada orang tuanya, tentu bisa menimbulkan masalah. "Jika melalui siswa, kita khawatir uangnya tidak sampai ke orang tua, sehingga ada orang tua yang mempertanyakan uang les tersebut ke sekolah," papar Wardoyo.

Di sisi lain, itu, Plt Kepala Disdik RL T Samuji S.Pd melalui Kabid Perencanaan Hanapi S.Pd MM membenarkan hal tersebut. Seluruh sekolah diminta untuk mengembalikan uang sumbangan dalam bentuk apapun yang bersifat tidak sukarela, seperti uang les tersebut. Oleh sebab itu, pihak Disdik langsung melakukan monitoring terkait dengan pungutan-pungutan yang ada di sekolah. "Memang lebih bagus uangnya dikembalikan kepada orang tua langsung, jangan kepada siswa. Selain itu, kalau memang mau minta sumbangan harus dilakukan secara sukarela tanpa ada patokannya," tegas Hanapi.(ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Sekolah Kembalikan Uang Les Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai