Friday, 9 December 2016

Puluhan Jurnalis Muda Galang Dana untuk Aceh


BENGKULU RPP - Puluhan jurnalis media cetak, televisi dan online yang tergabung dalam Jurnalis Muda Bengkulu, melakukan aksi kemanusiaan penggalangan dana untuk korban gempa di Kabupaten Pidi Jaya Aceh, yang telah menewaskan sekitar 102 orang dan ratusan orang korban luka-luka.

Aksi penggalangan dana dimulai dari Kantor DPRD Provinsi Bengkulu sekitar pukul 12.00 WIB, dari para anggota dewan dan staf DPRD terkumpul dana Rp 2.300.000, kemudian sekitar pukul 13.00 WIB -15.00 WIB dilanjutkan ke Kantor Wali Kota Bengkulu dan Simpang Lima Suprapto hingga berhasil terkumpul dana Rp 2.580.400, sehingga total dana yang terkumpul dari sumbangan masyarakat sebesar Rp 4.880.400. Dana tersebut selanjutnya akan disalurkan melalui Dompet Peduli Rakyat Bengkulu untuk Aceh.

Dikatakan korlap aksi kemanusian, Ari Syaptura dari Harian Rakyat Bengkulu, penggalangan dana ini sebagai bentuk kepedulian para wartawan terhadap korban gempa bumi di Pidi, Aceh, pada Rabu 7 Desember 2016 lalu. Akibat gempa tersebut, ratusan bangunan, rumah, ruko, perkantoran dan masjid banyak yang roboh.
"Baru sekitar 1 jam melakukan penggalangan dana sudah terkumpul lebih dari Rp 4 juta, dana ini kita salurkan untuk saudara kita yang menjadi korban di Pidi, Aceh," ujar Ari.

Selain menggalang dana untuk korban Aceh, para jurnalis ini juga mengirimkan doa, agar masyarakat Pidi, Aceh selalu diberikan ketabahan dan kekuatan atas peristiwa gempa bumi tersebut. Bantuan kecil yang diberikan sangat berarti bagi saudara-saudara di Aceh, dan Jurnalis Bengkulu mengajak masyarakat Bengkulu untuk bersama-sama meringankan beban korban gempa di Aceh.

Dalam aksi tersebut, ikut turun ke lapangan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Septy Yuslinah. Dia ikut menggalang dana bersama puluhan wartawan. Sebagai bentuk kepeduliannya kepada sesama manusia.
"Apapun kepedulian kita, doa kita, untuk saudara kita yang sudah dipangil oleh Allah SWT, semoga diterima amal ibadahnya diampuni dosa-dosanya dan Inshaa Allah mereka meninggal dalam keadaan khusnul khotimah. Mari kita mendoakanya, agar di tempatkan yang layak di sisi-Nya," ajak Septy.

Di samping itu, Septy sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh wartawan atas kepeduliannya. Dia mengatakan, para wartawan yang peduli akan mendapatkan nilai lebih di Mata Allah SWT.
"Apapun bisa kita lakukan untuk kepentingan masyarakat. Membantu mereka yang sangat membutuhkan, sepereti bahan pokok, makanan dan minuman, air bersih dan sebagainya," terangnya.
Untuk diketahui, para wartawan yang ikut melakukan penggalangan dana yakni dari Harian Radar Pat Petulai (RPP), Rakyat Bengkulu, Bengkulu Ekspress, RBTV, BETV, Radar Bengkulu, Radar Utara, Radar Selatan, Radar Mukomuko. Kemudian kontributor MNCTV, TV One, Liputan6, TVRI, Net TV, Kompas TV dan sebagainya.(rsi)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Puluhan Jurnalis Muda Galang Dana untuk Aceh Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai