Friday, 9 December 2016

Peserta Lelang Jabatan, Tegang

TEGANG: Para peserta tes JPTP saat mengisi jawaban tes tertulis di aula Hotel Griya Anggita, kemarin. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP - Sebanyak 46 orang peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) Kamis (8/12) mengikuti tes tertulis di Aula Hotel Griya Anggita, Curup. Mayoritas peserta menampakkan muka tegang di hadapan asesor dari Universitas Bengkulu saat mengisi jawaban dan soal yang diberikan.

Sekretaris Daerah RL R A Denny, SH, MM yang juga Sekretaris Pansel JPTP meminta agar seluruh peserta tetap fokus dan tenang dalam mengisi jawaban tes. "Kita mengarahkan supaya para peserta untuk fokus, karena ada 11 tahapan soal, ini baru yang kedua. Kami tidak tahu isi soalnya yang melakukan asesor dari Universitas Bengkulu. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana orang itu mampu menghadapi tantangan ketika memimpin SKPD," ujar Denny.

Sementara itu, mulai hari ini, Jumat (9/12) para peserta itu akan mengikuti tahapan tes wawancara dan pemaparan makalah di ruang rapat Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) RL hingga Selasa (13/12) mendatang.

Pengujinya adalah seluruh panitia seleksi (Pansel) JPTP dan seluruh peserta harus memaparkan isi makalah mereka. Sehingga bagi pelamar yang melamar lebih dari satu jabatan mereka akan memaparkan seluruh makalah tersebut dengan waktu per makalah 30 menit.
"Jadi mereka akan memaparkan makalahnya, menjelaskan mengenai programnya ketika mereka menduduki jabatan itu. Kalau ada yang memilih lebih dari satu jabatan nanati akan dilihat di jabatan mana yang nilainya paling besar," tukasnya.

Setelah seluruh tahapan tes selesai maka seluruh nilai akan dirangkum oleh Pansel dan dilakukan perangkingan setiap jabatan. Pengumuman tiga besar dilakukan 15 Desember 2016 dan pengajuan calon terbaik oleh pansel kepada PPK pada 16 Desember 2016.
"Tiga nama itulah yang akan kita serahkan ke bupati dan semuanya akan menjadi hak prerogatif bupati untuk menentukan siapa yang layak menduduki jabatan tersebut," pungkas Denny. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Peserta Lelang Jabatan, Tegang Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai