Monday, 12 December 2016

Pentingnya Disiplin Bagi Anak

Nampak Salah seorang guru meminta siswanya memperlihatkan tugas sebagai bentuk disiplin.
SETIAP orang menyadari, disiplin sangat penting. Tujuan disiplin adalah membentuk perilaku yang sesuai kelompok sosialnya. Walaupun demikian, ada juga orang tua yang merasa khawatir. Karena menilai jika menerapkan disiplin, akan menimbulkan masalah dalam hubungan antara orang tua dengan anak mereka. Oleh karena itulah, ada dua pandangan mengenai konsep disiplin itu sendiri. Yaitu konsep yang memandang disiplin sebagai konsep negatif, berarti menyamakannya dengan hukuman. Sedangkan konsep positif, memandang disiplin sama dengan pendidikan dan bimbingan diri.

Menurut Kepala SDN 01 Rejang Lebong (RL), Sari Hartati S.Pd, disiplin merupakan penting bagi perkembangan anak karena berisi hal-hal yang diperlukan anak. Disiplin juga akan menambah kebahagiaan, penyesuaian sosial dan pribadi mereka. “Disiplin membuat anak mempunyai perasaan aman, tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka dilakukan,” katanya.

Di samping itu, ada beberapa hal penting yang berkaitan dengan sikap disilpin bagi anak usia sekolah dasar (SD), bisa menjadi alat membentuk moral. Pengajaran tentang baik dan buruk, perlu ditekankan pada alasan mengapa beberapa pola tingkah laku diterima, sementara yang lain tidak. Penjelasan langsung perlu untuk membantu anak memiliki pemikiran yang lebih luas.

Kemudian sebagai penghargaan. Penghargaan memiliki nilai pendidikan yang kuat bagi anak, jika anak bertingkah laku benar dan dapat memotivasi anak mengulang kembali tingkah laku yang diharapkan. Dengan demikian, penghargaan merupakan hal yang efektif. Oleh karenanya, pemberian penghargaan juga harus tepat, disesuaikan usia anak dan tingkat perkembangannya.

Disiplin sebagai hukuman. Sebagaimana penghargaan, hukuman juga perlu dikembangkan secara tepat. Hukuman hendaknya dapat memotivasi anak agar taat kepada lingkungan sosial di kemudian hari. Sehingga dengan hukuman tersebut bisa menumbuhkan rasa disiplin bagi anak.

Selanjutnya, konsistensi. Disiplin yang baik, diterapkan secara konsisten. Apa yang benar pada saat ini, juga tetap benar di saat yang lain. Tingkah laku yang salah, jika diulang, juga perlu mendapatkan hukuman yang sama setiap saat. Begitu juga tingkah laku yang benar, perlu mendapatkan penghargaan yang sama. “Orang tua kalau sudah memberi hukuman disiplin, harus konsisten. Ini juga demi kebaikan mereka,” pungkasnya. (ymr)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Pentingnya Disiplin Bagi Anak Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai