Wednesday, 14 December 2016

Kerajaan Belanda Kirim Utusan ke RL

AKRAB: Bupati, Wabup, Kadistan dan para delegasi Belanda menunjukkan potensi tanaman hortikultura RL. Foto: Buyono Radar Pat Petulai.
CURUP RPP – Dua orang delegasi dari Kedutaan Kerajaan Belanda yakni Mr Siebe Schuur dan Mr Willem Dedden kemarin datang ke Rejang Lebong. Kedatangan mereka dalam rangka melakukan peninjauan lahan terkait rencana untuk melakukan investasi di bidang hortikultura.

Kepada wartawan, Schuur yang merupakan seorang konsultan ekonomi Belanda mengatakan, pihaknya tertarik melakukan kerjasama karena kondisi geografis RL yang sangat tepat untuk pengembangan hortikultura.
"Kami tertarik karena di sini memiliki dataran yang sangat variatif, mulai dari ketinggian 100 hingga 200 meter, tanah yang subur dan curah hujan yang tinggi. Ini sangat cocok untuk ditanami hortikultura," paparnya dibantu penerjemahnya Hoshin Cho, seorang staf khusus Gubernur Bengkulu bidang investasi dan penanaman modal luar negeri.

Sayangnya Schuur belum bersedia mengungkapkan tanaman apa yang bakal ditanam dan berapa besaran nilai investasi yang akan dikucurkan. Ia beralasan itu kewenangan dari perusahaan yang nanti akan berinvestasi.

Lebih jauh ia menjelaskan, dua minggu lalu Kerajaan Belanda sudah mengirimkan delegasi besar-besaran ke Indoneisa. Salah satu delegasi adalah perwakilan dari perusahaan yang salah satunya sudah ada di Bengkulu bahkan sudah ada di RL. Yakni perusahaan PT East West Seed.
"Belanda akan membuat pilot project dengan membawa ahli belanda ke Indonesia di bidang agri kultural. Perusahaan East West Seed merupakan perusahaan yang bergerak dalam pemasaran bibit tanaman, dan ini sudah ada di sini," pungkas Shuur.

Sementara itu, pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL) telah menyiapkan lahan seluas 150 hektar di Desa Kayu Manis, Kecamatan Selupu Rejang untuk investor dari negeri kincir angin itu. Bupati mengharapkan setelah dilakukan peninjauan lokasi, bisa menghasilkan kesepakatan kerjasama.
"Ini baru perwakilan dari kedataan besar kerajaan Belanda saja, nanti Dubes Belanda untuk Indonesia yang akan datang ke sini. Mereka akan melihat potensi-potensi yang kita miliki. Nanti tergantung mereka mau ditanami apa, kita menyiapkan lahannya. Mudah-mudahan nanti bisa bekerjasama dengan kita," ungkap Bupati RL, DR (HC) H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si.

Wakil Bupati RL, H. Iqbal Bastari, SPd, MM yang memiliki keahlian dalam berbahasa Inggris juga memaparkan mengenai potensi pertanian di RL sebelum mereka melakukan peninjauan lokasi. Wabup juga ikut mendampingi dua orang delegasi tersebut meninjau lokasi di Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Kelingi. Keduanya juga sempat mencicipi buah-buahan khas RL seperti jeruk, kemudian olahan kopi dan gula semut dari aren. (yon)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kerajaan Belanda Kirim Utusan ke RL Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai