Friday, 9 December 2016

Kekurangan Lahan Praktik, Mahasiswa AKN Tetap Berkarya

Abdul Aziz
CURUP RPP - Dalam rangka pengembangan mahasiswa mahasiswi Program Studi (Prodi) Horticultural Akademi Komunitas negeri (AKN) Rejang Lebong (RL), masih membutuhkan lahan praktik. Mengingat jumlah mahasiswa sudah cukup banyak.

Direktur AKN RL, Ir Abdul Aziz MP mengatakan, pada lahan praktik tersebut, akan dilakukan proses penanaman dan memakan waktu. Serta ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk praktik menanam, mulai dari proses penyemaian, pemupukan, perawatan hingga masa panen. Sementara siklus praktik berjalan terus.
"Mahasiswa menggunakan lahan di Simpang Nangka, lokasi gedung AKN RL yang baru nantinya. Lahan di kampus sekarang, terlalu sempit. Kita mengakalinya dengan menggunakan media tanam hidroponik sekaligus menerapkan mata kuliah yang dipelajari mahasiswa," ujarnya.

Meskipun kekurangan lahan praktik, lanjut Abdul Aziz, namun tidak mengurangi semnagat mahasiswanya terus belajar. Bahkan selama ini sudah banyak hasil bercocok tanam yang didapatkan para mahsiswa seperti labu siam, cabai, tomat, dan lainnya. Hal tersebut menjadi bukti, tidak ada batasan untuk terus berkarya. "Saya berharap, ke depan para mahasiswa terus berinovasi dan bisa mengolah hasil bercocok tanam menjadi produk olahan yang menghasilkan uang. Jajakan dulu di lingkungan kampus, saya siap menjadi orang pertama yang membeli hasil olahan mahasiswa. Ini juga berguna agar mahasiswa belajar berwirausaha," tambahnya.

Selain menekankan mahasiswanya bisa berwirausaha, khusus mahasiswa Prodi Hortikultural juga dibekali bagaimana cara bertani dengan sistem hidroponik. Sistem hidroponik dapat memanfaatkan lahan yang terbatas.(**)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kekurangan Lahan Praktik, Mahasiswa AKN Tetap Berkarya Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai