Wednesday, 7 December 2016

Kantor Camat Muara Kemumu Bermasalah

SUPRAPTO
KEPAHIANG RPP - Kantor Camat Muara Kemumu diterpa masalah. Legalitas lahan kantor camat itu tidak jelas hitam putihnya. Ini setelah muncul pengakuan dari Suprapto, warga Kecamatan Muara Kemumu yang menyebut jika lahan kantor camat tersebut adalah miliknya.

Suprapto bercerita, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang sebelumnya berjanji akan menjadikan dirinya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan konsekwensi dia mesti menghibahkan sejumlah lahan kepada Pemkab Kepahiang. Dan itu telah dilakukan, salah satunya lahan untuk Kantor Camat Muara Kemumu. "Lahan kantor camat itu milik almarhum ayah saya yang bernama Yahya. Pada tahun 2005 lalu, tanah itu diminta oleh Pemkab Kepahiang untuk dihibahkan, dengan imbalan akan menjadikan saya sebagai PNS di Pemkab Kepahiang," ungkapnya, Selasa (6/12).

Tapi, sambungnya, sejauh ini janji-janji di awal itu tak kunjung menjadi nyata. Ia pun berniat mendatangi Bupati Kepahiang untuk mencari tahu kejelasan terkait lahan tersebut. "Saya akan tanyakan ke bupati terkait kejelasannya. Kalau tidak juga ada kejelasan, maka kantor camat tersebut akan saya blokir," kata Suprapto.

Selain itu, Ia juga mengaku tidak pernah melihat surat hibah lahan yang dijadikan Kantor Camat Muara Kemumu tersebut. "Sejauh ini saya belum melihat hitam di atas putihnya atas hibah tanah itu," ujar Suprapto.

Dijelaskan, bahwa Kantor Camat Muara Kemumu dibangun pada tahun 2006, sejak saat itu pula Suprapto mengaku jika dirinya diberdayakan sebagai penjaga dan cleaning service tenaga kontrak dengan gaji Rp 300 ribu/bulan. "Bukan hanya soal gaji, tapi saya menanyakan komitmen Pemkab Kepahiang pada saat meminta hibah tanah tersebut kepada ayah saya yang menjamin saya menjadi PNS. Sekarang ayah saya sudah meninggal, sementara saya masih saja diberdayakan sebagai tenaga kontrak. Saya sudah menemui bupati sebelumnya (Bando Amin, red), tapi beliau mengaku tidak mengetahui soal janji tersebut. Sedangkan saat saya meminta surat tanda hibahnya, tak ada pejabat yang mau menunjukkan. Kalau begini saya merasa telah ditipu dan dipermainkan," bebernya.

Terpisah, Camat Muara Kemumu Holil Bermani S.Sos mengaku tidak tahu soal hibah lahan kantor camat tersebut. Menurutnya, Ia mulai menjabat sebagai camat di Muara Kemumu ini sejak tahun 2014 lalu. "Memang Prapto ini sudah berulang kali mempertanyakan kejelasan lahan kantor camat itu kepada saya, tapi saya katakan bahwa saya tidak tahu menahu, apalagi soal komitmen," singkatnya. (ton)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Kantor Camat Muara Kemumu Bermasalah Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai