Thursday, 8 December 2016

Harga BBM Enggano Rp 15 Ribu Per Liter

Ilustrasi
BENGKULU UTARA RPP - Meski berbagai macam program pembangunan digelontorkan di wilayah pulau Enggano, nampaknya kesulitan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masih dirasakan. Terutama untuk pemenuhan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin. Di pulau terluar Bengkulu itu,  harga bensin menembus angka Rp 15 ribu per liter.

Dikatakan Camat Enggano, Marlansius, untuk harga bensin ditingkat eceran harganya cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain. Bahkan, harga tersebut sering mendadak melonjak tergantung jauhnya daerah dan kondisi cuaca yang mengangkut BBM menggunakan kapal. "Cukup bervariasi harganya, kadang Rp 12 ribu, kadang sampai Rp 15 ribu. Keluhan masyarakat memang terus kami dengar, namun bagaimana lagi memang seperti itu kondisinya," tutur Marlansius.

Sementara, untuk harga dari koperasi Serba Usaha Sejahtera (SUS) Bengkulu, berada diangka Rp 9 ribu hingga Rp 10 ribu. Sedangkan subsidi yang diberikan pemerintah hanya sebatas untuk biaya angkutan BBM menuju ke pulau Enggano, bukan subsidi harga BBM per liter nya. "Jangan sampai salah pengertian. Karena pemerintah cuma menanggung biaya beban transportasi BBM ke Enggano saja. Maka di koperasi saja harganya  sudah mencapai Rp 10 ribu per liter," bebernya.

Disinggung, mengenai adanya pembangunan SPBU di pulau Enggano, ia sangat mendukung rencana tersebut. Hanya saja menurutnya untuk kondisi saat ini belum memungkinkan pasalnya hingga saat ini belum ada pihak yang berencana berinvestasi di daerah mereka. Hal ini lantaran jumlah penduduk sekaligus kendaraan yang masih sangat terbatas sehingga belum memenuhi standar penjualan. "Melihat kondisi saat ini, belum ada yang mau bangun SPBU di Enggano. Dari pada malah besar biaya pengeluaran dari pemasukan," pungkasnya. (paj)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Harga BBM Enggano Rp 15 Ribu Per Liter Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai