Friday, 9 December 2016

Dirjen Pendis Optimis 2017 STAIN Curup Jadi IAIN

Add caption
CURUP RPP – Alih status STAIN Curup menjadi IAIN tinggal selangkah lagi. Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin, MA mengatakan, proses ahli status STAIN Curup menjadi IAIN tinggal menungu persetujuan MenPAN. Hal ini ia sampaikan saat memberi orasi ilmiah di STAIN Curup dalam rangka penandatanganan prasasti gedung Jurusan Syari'ah dan penandatangan kerjasama/MoU pembangunan lembaga kemitraan anatara STAIN Curup dengan Pemerintah Rejang Lebong, Kepahiang dan balai TNKS, Kamis (8/12).

Kamaruddin mengatakan, secara umum proses alih status sudah tidak mengalami kendala lagi. Belum keluarnya persetujuan MenPAN lebih kepada kendala teknis yakni kesibukan MenPAN. “Kemungkinan akhir tahun bisa keluar (surat persetujuan MenPAN, red) dan 2017 sudah bisa beralih status,” ujarnya.
Lebih jauh Kamaruddin mengatakan, dengan bertransformasi menjadi IAIN maka jurusan dan fakultas akan bertambah. Karena itu diharapkan lembaga bisa lebih berkontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan dengan menambah akses masyarakat untuk belajar keperguruan tinggi, meningkatkan SDM, kualitas dan mutu.
"Untuk peningkatan mutu tenaga dosen, pendis memiliki program lima ribu beasiswa doktor dalam dan luar negeri. STAIN Curup bisa mendaftar beasiswa tersebut dengan sejumlah penelitian dan yang lainnya," pungkasnya.

Bupati RL, DR (HC) H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si dalam sambuatannya mengatakan, RL memiliki target untuk menjadi kota pendidikan, kota wisata dan kota religi. oleh karena itu pemerintah daerah sangat mendukung dan peduli terhadap semua hal yang berkaitan dengan pendidikan. "Dengan adanya prodi baru ini diharapkan STAIN bisa menampung semua mahasiswa yang hendak masuk. STAIN sudah memiliki titik harapan untuk ahli status menjadi IAIN, mudah-mudahan ini bisa tercapai secepat mungkin," ucapnya.

Sementara itu Ketua STAIN Curup, Rahmat Hidayat, M.Ag, M.PD mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lahan untuk pengembangan kampus dan 8 prodi baru untuk persiapan. Di tahun 2017 ditargetkan STAIN Curup sudah memiliki lahan untuk kampus II. “Sesuai dengan amanah yang diberikan Dirjen Pendis, STAIN Curup berupaya mengembangkan masyarakat terlibat dalam pendidikan tinggi, kemudian mentransformasi ilmu agama menjadi sikap keberagamaan dan berkontribusi besar terhadap keberadaan program pemerintah daerah. “Semuanya kita lakukan  di empat sektor, sektor pengembangan dan kelembagaan, sektor pengembangan sistem administrasi, sektor penguatan akademik dan sektor kerjasama, untuk kerjasama Senin yang lalu STAIN sudah melakukan kerjasama," terangnya. (ae1)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Dirjen Pendis Optimis 2017 STAIN Curup Jadi IAIN Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai