Friday, 25 November 2016

Tekan Jumlah Penderita Kanker Serviks

Gerakan nasional deteksi dini test IVA oleh BPJS Cabang Curup. Foto: Radar Pat Petulai
CURUP RPP - Dalam rangka menekan jumlah penderita kanker serviks, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Curup terus melakukan pemeriksaaan bagi warga yang telah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bahkan Kamis (24/11) kembali digelar deteksi dini dan pemeriksaan IVA para guru dan istri guru di Lapangan Setia Negara Curup.

Disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Rizki Lestari S.Si Apt AAAK, deteksi dini tes IVA merupakan gerakan nasional dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-23. Pemeriksaan kanker serviks merupakan wujud kepedulian BPJS Kesehatan terhadap guru dan istri guru. Sebab guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, sehingga kesehatan mereka harus mendapat perhatian. "Gerakan nasional ini bukan hanya di Kabupaten Rejang Lebong (RL). Namun di Kabupaten Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara (BU), juga dilakukan gerakan pemeriksaan yang sama," kata Rizki.

Pemeriksaan kanker serviks sejak dini, bertujuan untuk menekan jumlah penderita kanker serviks, khususnya di RL. Semakin cepat diketahui, maka akan semakin cepat penanganan yang bisa dilakukan. Hingga kini, penderita positif kanker serviks di bawah 10 orang.

Selain pemeriksaan kanker serviks, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi. Harapannya, guru dan kaum ibu benar-benar memahami dampak dari penyakit kanker serviks. Terlebih, kanker serviks merupakan pembunuh kedua wanita setelah kanker payudara.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten RL, R A Denni SH MM yang membuka acara, menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan. Terlebih, sasarannya adalah para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, yang berperan mencetak kualitas anak bangsa. "Kegiatan ini merupakan bagian dari apresiasi yang bisa kita berikan kepada guru dan istri guru, dalam hal kesehatan. Apalagi deteksi dini masih merupakan hal yang tabu di masyarakat. Di sisi lain, deteksi dini kanker serviks sangat penting," pungkasnya. (ben)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Tekan Jumlah Penderita Kanker Serviks Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai