Tuesday, 8 November 2016

Ratusan Kades Digembleng di SPN

Gubernur Bengkulu didampingi Bupati BU saat diwawancara awak media.
CURUP RPP - Sebanyak 180 kepala desa (kades) dari Kabupaten Bengkulu Utara Senin (7/11) digembleng SPN Bukit Kaba. Selama lima hari mereka akan diberi pendidikan dan pelatihan tentang tata kelola keuangan, komunikasi, etos kerja dan sebagainya. Kegiatan dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti didampingi Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian.

Dalam sambutannya Mian mengungkapkan diklat ini dilakukan guna mengantisipasi jangan sampai kepala desa di Bengkulu Utara sampai terjerat hukum. Sebab jumlah anggaran yang dikelola desa saat ini tidak sedikit, seperti DD dan ADD. Dengan pelatihan  yang melibatkan BPKP, Kajari, Kapolda, Dirjen Depdagri, Bupati Rejang Lebong, FKPD Bengkulu Utara, FKPD Rejang Lebong ini diharapkan kepala desa tidak gamang dalam mempergunakan uang negara untuk melakukan pembangunan.

Mian menambahkan Bengkulu Utara sebenarnya memiliki 215 desa, namun hanya 180 saja yang ikut pelatihan kali ini. Sedangkan 35 desa lagi masih dijabat Pjs kades sehingga belum diikutkan.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu DR Ridwan Mukti berharap setelah diklat ini kades dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat secara profesional dalam menciptakan tata kelola keuangan desa yang bersih. "Kita memiliki target semua jalan bagus, jembatan bagus dan masing-masing desa memiliki aliran listrik. Untuk merealisasikan itu semua harus dimulai dari tata kelola keuangan yang benar dan baik," ujar Ridwan Mukti. Ditambahkan Ridwan Mukti, kegiatan ini sangat positif karena itu agenda serupa diharapkan bisa diikuti kabupaten lain. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Ratusan Kades Digembleng di SPN Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai