Friday, 25 November 2016

Napi Pukul Polisi Terancam Sanksi Berlapis


CURUP RPP – Aksi pemukulan yang dilakukan napi kasus narkoba, Pt (28) terhadap penyidik polisi bakal berbuntut panjang. Pasalnya Pt tidak hanya terancam sanksi pidana namun juga bakal mendapat sanksi tindakan dari internal lapas.

Kepala Lapas Klas IIA Curup, Iwan Amir, Bc. Ip SH melalui Kasi Binadik, Agung Hascahyo, Amd Ip SH mengatakan sanksi yang bisa dikenakan kepada Pt mulai dari strap sel yakni memasukkan napi ke dalam sel gelap serta penundaan remisi. Namun saat ini sanksi-sanksi tersebut belum bisa diterapkan kepada pelaku karena pihaknya belum mendapat laporan resmi dari kepolisian. "Harus ada laporan resminya dulu ke kita (lapas, red), barulah kita bisa ambil tindakan kepada pelaku," ujar Agung.
Ditambahkan Agung sanksi yang pihaknya akan jatuhkan tetap sesuai dengan aturan yang ada di dalam lapas. Sedangkan untuk proses hukumnya diserahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk melakukan penindakan.

Terpisah, Kapolres Rejang Lebong AKBP Napitupulu Yogi Yusuf, SH, SIK melalui Kasat Reskrim AKP Chusnul Qomar, SH, SIK mengungkapkan sejauh ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi. Setelah pemeriksaan saksi selesai pihaknya segara akan mengirimkan laporan resmi ke pihak Lapas. "Jangankan anggota yang dipukul, orang lainpun yang dipukul akan kita proses. Tetapi kita lakukan sesuai prosedur. Pasalnya saat angggota meminjam napi sudah sesuai prosedur yang benar," tutur Chusnul.

Dilansir sebelumnya, salah seorang napi kasus narkoba berinisial Pt (28) nekat memukul kepala seorang penyidik Polres RL. Pemukulan terjadi saat korban bersama empat rekannya sesama penyidik hendak membawa keluar dua orang napi dan satu tahanan guna kepentingan penyelidikan. Dua napi itu yakni Ce dan Pa yang akan diperiksa sebagai saksi di Mapolres Rejang Lebong sedangkan Mu, tahanan kasus cabul anak tiri di Kecamatan Kota Padang yang akan menjalani proses pelimpahan tahap II. Peristiwa terjadi Rabu (23/11) sekira pukul 11.10 WIB di dekat ruang KPLP Lapas. (wsa)
  • Komentar via G+
  • Komentar via Facebook
Item Reviewed: Napi Pukul Polisi Terancam Sanksi Berlapis Rating: 5 Reviewed By: Radar Pat Petulai